Home » Kongkow » Tips & Trik » Kalian Pelajar? Kalian Perlu Mencoba Tips Belajar Setelah Subuh, Mengapa?

Kalian Pelajar? Kalian Perlu Mencoba Tips Belajar Setelah Subuh, Mengapa?

- Rabu, 15 November 2017 | 06:00 WIB
Kalian Pelajar? Kalian Perlu Mencoba Tips Belajar Setelah Subuh, Mengapa?

Belajar setelah subuh merupakan waktu yang sangat baik bagi kita para pelajar, daripada kita belajar hingga larut malam. Mengapa demikian? Karena saat belajar hingga larut malam, Otak tidak dapat bekerja secara optimal pada tubuh yang lelah. Tubuh akan mengirimkan signal berupa rasa ngantuk sebagai protes terhadap kondisi tubuh yang sudah lelah setelah beraktivitas sepanjang hari. Akibatnya, belajar penuh dengan keterpaksaan dan apa yang kita pelajari sulit kita pahami dan kita ingat kembali.

Setelah subuh merupakan waktu yang efektif untuk belajar, karena diwaktu ini  pikiran kita masih fresh & belum dipengaruhi oleh sesuatu yang dapat menyebabkan daya tangkap otak kita berkurang. Dengan pikiran yang masih fresh daya tangkap otak sangat baik utuk mengingat, sehingga saat seperti inilah kita bisa memanfaatkannya untuk belajar secara optimal.

Yang perlu kita ketahui bahwa dengan belajar setelah subuh ada beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan:

  1. Lebih mudah berkonsentrasi. Karena waktu subuh pikiran masih dalam keadaan fresh.
  2. Terhindar dari rasa kantuk, karena mata telah diistirahatkan
  3. Lebih mudah menghafal. Percaya atau tidak mungkin ini karena saat subuh pikiran menjadi tenang
  4. Mempercepat proses berpikir. Hal ini disebabkan saat subuh udara masih kaya akan oksigen. Oksigen diperlukan untuk membuat energi di otak sehingga proses berpikir menjadi lebih lancar. Pada malam hari, tumbuhan mengeluarkan karbondioksida yang kurang baik untuk otak sehingga proses berpikir ikut lambat.
  5. Sering mendapatkan inspirasi baru, karena saat subuh lingkungan lebih sepi dan sanngat mudah konsentrasi
  6. Lebih semangat untuk melakukan aktifitas sehari-hari
  7. Lebik percaya diri untuk berangkat ke sekolah karena sudah mempunyai sedikit bekal menguasai materi.

Nah, sekarang sudah tahu berharganya waktu setelah subuh, bukan? Waktu subuh hendaknya jangan digunakan untuk tidur, namun untuk belajar atau membaca hal-hal yang bermanfaat. Dengan demikian, kualitas belajar semakin meningkat tanpa membuang banyak waktu untuk belajar. Semangat! Semoga tulisan ini membawa banyak manfaat.

Sumber :
Cari Artikel Lainnya