Home » Materi » Biologi » Ciri-ciri Perkembangbiakan Generatif

Ciri-ciri Perkembangbiakan Generatif

- Kamis, 06 Agustus 2020 | 14:05 WIB
Ciri-ciri Perkembangbiakan Generatif

Perkembangbiakan tumbuhan bertujuan untuk melestarikan keturunannya. Pada tumbuhan ada dua cara berkembangbiak yaitu secara generatif dan secara vegetatif. Pada artikel kali ini kita akan membahas apa saja ciri-ciri dari perkembangbiakan generatif. Kuy disimak……

PERKEMBANGBIAKAN GENERATIF PADA TUMBUHAN

Perkembangbiakan generatif merupakan perbanyakan tanaman secara kawin. Organ terpenting dalam perkembangbiakan generatif adalah bunga. Perkembangbiakan secara generative terjadi pada tumbuhan yang memiliki bunga, mempunyai biji, mempunyai mempunyai alat kelamin jantan dan alat kelamin betina. Pada perkembangbiakan generatif, terbentuknya anak atau individu baru didahului oleh peristiwa fertilisasi (pembuahan). Sel kelamin jantan (spermatozoa) akan melebur bersama sel kelamin betina atau sel telur (ovum). Berikut ini ciri-ciri dari perkembangbiakan secara generatif.

  • Ciri-ciri Perkembangbiakan Generatif
  1. Perkembangbiakan generatif hanya dapat terjadi pada tumbuhan tingkat tinggi yaitu seperti yang memiliki alat kelamin yang jelas sehingga bisa di tentukan mana jantan dan betinannya
  2. Terjadi peleburan sel kelamin jantan dengan sel kelamin betina (sel sperma dan sel telur).
  3. Sifat keturunan yang diperoleh dari pembiakan secara generatif dapat bervariasi dan juga gabungan dari kedua induknya.
  4. Perkembangbiakan secara generatif adalah terdapat biji yang merupakan hasil dari penyerbukan.
  5. Terjadinya proses pembuahan oleh sel kelamin jantan (spermatozoa) kepada sel kelamin betina (ovum). Proses ini akan menghasilkan zigot sebagai cikal bakal terbentuknya individu baru.
  6. Tumbuhan yang melakukan perkembangbiakan secara generatif biasanya akan melakukan perkawinan pada bagian bagian bunga.
  • Kelebihan Perkembangbiakan Generatif
  1. Tidak membutuhkan biaya yang cukup mahal
  2. Umur tanaman akan lebih lama dan tanaman baru akan mempunyai perakaran yang sangat kuat
  3. Bisa menghasilkan individu bary dengan varietas-varietas yang baru dan beragam dengan cata menyilangkannya.
  • Kelemahan Perkembangbiakan Generatif
  1. Tanaman baru yang dihasilkan belum tentu memiliki sifat yang sama dengan induknya.
  2. Varietas yang baru muncul belum tentu lebih baik.
  3. Waktu berbuah lebih lama.
  4. Kualitas tanaman baru diketahui setelah tanaman berbuah

Nah Otakers.. itulah penjelasan mengenai Ciri-ciri Perkembangbiakan Generatif, jangan lupa untuk tetap membaca artikel kita yang lainnya ya. Salam dari Sabang sampai Merauke.

Sumber :
Cari Artikel Lainnya