Home » Kongkow » Tips & Trik » 5 Hal yang harus Dihindari Agar Laptop Awet dan Tahan Lama

5 Hal yang harus Dihindari Agar Laptop Awet dan Tahan Lama

- Sabtu, 02 Januari 2021 | 13:00 WIB
5 Hal yang harus Dihindari Agar Laptop Awet dan Tahan Lama

Laptop seperti sudah menjadi barang penting yang harus dimiliki. Perangkat ini dapat membantu kita dalam melakukan banyak hal, seperti menonton film, bermain game, menulis artikel atau novel, membuat laporan tugas, dan masih banyak lagi. Laptop kini tidak lagi digunakan oleh orang dewasa, tetapi juga anak-anak.

Dengan pemakaian yang relatif sering dan lama, maka masalah pada laptop seringkali bermunculan, seperti sering mengalami lag atau hang, baterai yang drop, layar yang tiba-tiba mati, speaker laptop menjadi tidak jernih, dan masih banyak lagi. Hal tersebut bisa disebabkan oleh beberapa faktor akibat perawatan laptop yang tidak dilakukan secara rutin.

Sebagai perangkat yang selalu dibutuhkan, laptop memerlukan perawatan khusus agar tidak cepat rusak. Beberapa diantaranya yaitu seperti membersihkan komponen-komponen laptop, tidak menggunakannya dalam jangka waktu yang lama, tidak menginstall software atau aplikasi yang tidak penting, rajin membersihkan hard disk (HDD), tidak mengaktifkan internet saat hujan lebat, dan masih banyak lagi.

Meski harga laptop Lenovo terbaru cukup terjangkau, pastikan Anda juga bisa merawatnya dengan benar. Selain itu, penting juga untuk Anda ketahui hal-hal yang harus dihindari jika ingin laptop Anda memiliki ‘usia’ yang panjang. Berikut adalah ulasannya.

1. Hindari penggunaan laptop terlalu lama

Laptop merupakan benda elektronik yang sewaktu-waktu dapat mengalami kerusakan. Maka dari itu, laptop membutuhkan waktu untuk istirahat. Bila penggunaan lebih dari 3 jam terlebih lagi dilakukan untuk bermain game atau menonton film, sebaiknya diberi waktu jeda atau istirahat supaya mesin tak mengalami overheat yang dapat menyebabkan panas yang berlebih pada laptop.

2. Hindari meletakan barang berat di atas layar

Benar harga laptop Lenovo terbaru ini terjangkau, namun ini tidak mengurangi sifat laptop yang bisa dibilang sebagai perangkat yang sensitif, terlebih lagi layarnya yang rentan mengalami kerusakan. Bila layar laptop terlempar atau terinjak maka kemungkinan layar akan rusak.

Maka dari itu, hindari menyimpan barang yang berat di atas layar laptop, seperti tumpukan buku-buku atau sejenisnya karena nantinya dapat menyebabkan LCD pecah atau masalah layar lainnya. Jika ingin lebih aman, Anda bisa menggunakan tumpukan buku sebagai alas laptop ketimbang menyimpan di atasnya.

3. Hindari meletakan laptop di atas kasur

Bagi Anda yang suka mager, menonton film di laptop sambil tiduran pasti menyenangkan, kan? Sebenarnya hal ini akan menjadikan laptop cepat panas dan dapat menyebabkan laptop Anda mati karena overheat. Hal ini disebabkan
oleh lubang udara di bagian bawah laptop yang tertutup oleh permukaan tak rata dari kasur atau sprei.

Maka dari itu, untuk menghindari terjadinya kerusakan, letakanlah laptop di atas permukaan benda yang keras seperti meja, kayu agar sirkulasi udara yang di dalam laptop dapat berjalan teratur, atau Anda bisa juga menggunakan tumpukan buku seperti yang sudah dibahas pada poin sebelumnya.

4. Hindari penumpukan debu pada keyboard laptop

Kebersihan keyboard merupakan hal yang harus dilakukan karena bila debu menumpuk di keyboard dan debu tersebut masuk ke tuts keyboard, maka akan mengakibatkan tuts tidak dapat berfungsi kembali. Bila kerusakan belum terlalu parah, Anda dapat membersihkannya dengan kuas sehingga keyboard dapat berfungsi kembali.

Demikianlah ulasan mengenai hal-hal yang harus dihindari jika Anda menginginkan laptop yang awet. 

Cari Artikel Lainnya