Home » Kongkow » Tahukah Kamu » Sering Salah Sebut, Ini Lho Bedanya Headset, Headphone, dan Earphone

Sering Salah Sebut, Ini Lho Bedanya Headset, Headphone, dan Earphone

- Selasa, 20 Oktober 2020 | 11:00 WIB
Sering Salah Sebut, Ini Lho Bedanya Headset, Headphone, dan Earphone

Headset, headphone, dan earphone bukanlah istilah baru bagi kita, bahkan sudah sangat familiar didengar. Apalagi bagi kita yang sering mendengarkan musik atau berkomunikasi dengan perangkat wearable ini. 

Namun ternyata, masih banyak lho orang yang tidak tau perbedaan ketiga benda ini. Secara umum, ketiganya memang memiliki fungsi yang tidak jauh berbeda yaitu sebagai perangkat untuk mendengarkan suara langsung ke telinga. Meski begitu, ketiga perangkat audio ini ada perbedaannya.

Bedanya apa ya? Nah supaya kamu makin tau, simak dulu yuk ulasannya berikut ini!

1. Headset

headset

photo/pdp.com

Perangkat audio yang satu ini merupakan gabungan dari dua device yaitu headphone/earphone (perangkat output audio) dan mikrofon (perangkat input audio). Biasanya, headset dihubungkan dengan sound card pada komputer melalui kabel input dan output audio.

Bentuknya yang besar sangat memudahkanmu untuk mendengarkan suara dengan lebih maksimal. Selain itu, headset bisa digunakan untuk keperluan seperti video call, skype, dan game online. Di sebelah kanan atau kirinya, biaanya ada mikrofon kecil sebagai output dari headset ini.

2. Headphone

headphone

photo/Amazon

Selain headset, ada juga headphone dengan bentuk dan desain yang sekilas terlihat tidak jauh berbeda dengan headset. Bedanya, headphone tidak memiliki mikrofon dan hanya bisa digunakan untuk mendengarkan tapi tidak bisa untuk berkomunikasi.

Biasanya, headphone digunakan untuk keperluan seperti editing audio atau video, serta mendengarkan musik dari PC, MP3 Player, dan CD Player. Dari ukurannya, ada dua tipe headphone, yaitu:

Full Size/Over Ear Headphone

Headphone ukuran ini biasanya menutupi semua telinga secara sempurna. Kelemahannya, headphone ini dapat mengganggu pendengaran jika digunakan terlalu lama, serta sulit dibawa ke mana-mana karena ukurannya besar. Sementara kelebihannya tentu bisa mendengarkan suara dengan lebih jelas.

On Ear Headphone

Headphone tipe ini biasanya lebih portabel karena ukurannya lebih kecil. Hanya saja, On Ear Headphone kurang nyaman dipakai.

3. Earphone

earphone

photo/Ilustrasi/IndiaMART

Earphone hampir sama dengan headset dan headphone. Bedanya, earphone bentuknya lebih simpel, kecil, bisa dibawa ke mana-mana, dan hanya perlu menyumbatkannya ke dalam lubang telinga. Biasanya, earphone digunakan untuk hiburan seperti mendengarkan musik atau menonton video di smartphone.

Selain itu, alat ini tidak bisa dipakai untuk berkomunikasi, hanya untuk mendengarkan musik saja. Yang bisa dipakai berkomunikasi sekaligus mendengarkan adalah handsfree. Dilihat dari bentuknya, ada dua tipe earphone yaitu:

In-Ear Monitor (IEM)

Biasanya, earphone jenis ini menggunakan karet dan nantinya disumbatkan lebih dalam ke lubang telinga, sehingga suara akan terdengar lebih jelas tanpa gangguan dari luar.

Earbud

Berbeda dengan IEM, earphone tipe ini menggunakan plastik bundar yang keras karena hanya ditempel saja di telinga. Jadi, suara dari luar masih dapat terdengar.

Cari Artikel Lainnya