Home » Kongkow » Kesehatan » Cara Menjaga Kesehatan Mental

Cara Menjaga Kesehatan Mental

- Rabu, 09 Juni 2021 | 14:00 WIB
Cara Menjaga Kesehatan Mental

banyaknya tuntutan dalam kehidupan yang disertai tekanan, tidaklah heran seseorang akan mudah merasa stress yang dapat mengakibatkan gangguan kesehatan mental. Karir, bisnis, pendidikan, asmara, keluarga, hingga macet pun dapat berkontribusi mengganggu stabilitas mental seseorang. 

Yang dikhawatirkan jika berlangsung konsisten dalam periode waktu yang lama. Mental seseorang yang terganggu akan mengubah karakternya secara perlahan menjadi negative.

Berikut adalah beberapa cara mudah, yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan jiwa:

  1. Kontrol Emosi Kamu

Belajar untuk tidak mudah tersinggung terhadap apa saja yang dikatakan seseorang, pilah apa yang mereka katakan, dan ambil sisi positifnya.

  1. Mencoba hal baru

Saat terjadi kekosongan waktu atau kamu mulai merasa bosan dengan aktivitas yang itu-itu saja, maka kamu bisa mengisi waktu dengan mencoba hal-hal baru sendiri atau bersama temanmu.

  1. Bercerita Kepada Orang Lain

Bercerita pada orang yang kamu percaya dapat mengurangi beban yang sedang kamu pikul.

  1. Pergi Keluar

Meskipun hanya 10 menit dalam sehari, luangkanlah waktu untuk duduk atau berjalan di ruang terbuka yang dikelilingi pepohonan dan udara segar. Hal ini secara instan akan mengangkat sedikit banyak tingkat stress dalam pikiran dan mengisi kembali energi dalam tubuh.

  1. Olahraga

Selalu luangkan waktu untuk berolahraga, makan makanan yang sehat agar berkarya dalam kehidupan ini semakin prima.

  1. Meditasi

Luangkan waktu untuk diri sendiri dengan cara meditasi. 10-15 menit dalam sehari adalah waktu ideal, terutama sebelum tidur.

  1. Senyum

Meskipun terdengar sepele, tapi senyuman selalu dapat mengubah dunia menjadi lebih positif. 

  1. Menyapa Seseorang

Menyapa banyak orang dengan sapaan standar seperti ‘Selamat Pagi’ akan meningkatkan kepercayaan diri sekaligus meningkatkan aspek sosial. Keluarlah dari zona nyaman yang selalu berdiam diri dan menunggu disapa orang lain terlebih dahulu karena gengsi.

  1. Bersenang – senang

Carilah hobi positif yang bisa membuat kamu bahagia, yang membuat kamu melupakan segala kepenatan. Jangan malu untuk tertawa lepas, dan yang terakhir adalah

  1. Istirahat yang cukup

Untuk mewujudkan kesehatan mental yang optimal, dibutuhkan istirahat yang cukup setelah melakukan aktifitas di siang hari.

Cari Artikel Lainnya