Home » Kongkow » Kesehatan » 5 Manfaat Kopi Untuk Kesehatan Dan Efek Sampingnya. Tidak Banyak Yang Tahu!

5 Manfaat Kopi Untuk Kesehatan Dan Efek Sampingnya. Tidak Banyak Yang Tahu!

- Sabtu, 12 Desember 2020 | 14:00 WIB
5 Manfaat Kopi Untuk Kesehatan Dan Efek Sampingnya. Tidak Banyak Yang Tahu!

Menurut para ahli, manfaat kopi di bawah ini belum banyak yang tahu. Bagaimana dengan kamu? Kepopularitasan kopi di kalangan generasi milenial dan gen Z masih belum menurun, dan sepertinya tidak akan hilang seiring berjalannya waktu. Malahan, semakin sini, setiap sudut kota di Indonesia dipenuhi oleh kedai kopi. Bahkan, di masa pandemi saja, masih banyak kedai dan toko kopi yang penuh melayani para pecinta minuman berkafeina ini.

Nah, selain karena rasa dan efeknya yang menyegarkan, kopi juga digemari banyak orang karena khasiatnya yang baik bagi kesehatan. Bukan cuma untuk menahan rasa kantuk, masih banyak ternyata manfaat kopi yang tidak diketahui masa! Apa saja kira-kira? Simak penjelasan selengkapnya pada ulasan berikut ini!

Manfaat Kopi untuk Kesehatan. Kamu Sudah Tahu?

1. Mengurangi Risiko Diabetes Tipe 2

alat diabetes

Menurut jurnal Archives of Internal Medicine yang dikeluarkan oleh para peneliti Australia, kopi mampu mengurangi risiko penyakit diabetes. Dalam jurnal tersebut, terbukti bahwa setiap 1 cangkir kopi dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2 sebanyak 7%. Ini disebabkan oleh kandungan alkaloid trigonelin dan klorogeniknya yang mampu menekan kadar insulin dan glukosa dalam tubuh. Agar manfaat kopi terasa secara maksimal, jangan dicampur dengan creamer, gula, atau susu, ya!

2. Mencegah Stres Berat

Manfaat kopi yang tidak banyak diketahui orang selanjutnya adalah untuk mencegah stres. Sebuah penelitian di Harvard School of Public Health membuktikan bahwa mengonsumsi 3 cangkir kopi sehari bisa menurunkan risiko stres dan depresi. Kebanyakan orang mengetahui khasiat kopi sebagai pencegah rasa kantuk karena memberikan banyak energi pada tubuh.

Namun ternyata, energi yang sama juga berlaku sama pada otak. Kopi mampu mengirimkan lebih banyak serotonin ke seluruh tubuh jika dikonsumsi tanpa susu dan creamer. Itulah mengapa kita lebih merasa segar dan aktif setelah minum kopi!

3. Mengatasi Gangguan Otak

otak

Selain membantu mengatasi stres, kopi juga bisa mengurangi gangguan fungsi otak. Semakin bertambahnya umur, otak manusia semakin berkurang kinerjanya. Ini mengakibatkan penurunan fungsi yang terkadang berujung pada penyakit otak berbahaya seperti alzheimer, parkinson, dan demensia.

Kedua penyakit tersebut menyebabkan otak bekerja lebih lambat. Alhasil, kita menjadi lebih cepat pikun, susah berkonsentrasi, dan kehilangan kecerdasan otak. Namun, jangan khawatir. Penyakit menakutkan tersebut masih bisa kamu cegah dengan meminum kopi.

Menurut sebuat penelitian, senyawa antiradang dan zat antioksidan yang terdapat di dalam kopi mampu meminimalisir potensi radang sel otak. Kinerja otak akan lebih aktif dan tubuh kita pun terjauh dari banyak gangguan fungsi otak yang mematikan.

4. Menjaga Kesehatan Hati

Manfaat kopi berikutnya adalah untuk menjaga kesehatan hati. Para ahli medis menyebutkan bahwa kopi hitam dapat menurunkan risiko Kolangitis Sclerosing Primer yang menyebabkan siroris, atau gagal hati.

Zat-zat dan kandungan nutrisi kopi berperan sebagai tameng pelindung hati dan mencegahnya dari banyak penyakit. Selain itu, kopi juga bisa melindungi hati dari penyakit kronis seperti tumor dan kanker. Takaran yang tepat untuk mengonsumsi kopi adalah 2 cangkir maksimal dalam sehari.

5. Awet Muda

awet muda

Kamu ingin tumbuh awet muda dengan kulit glowing? Kalau iya, minum kopi secara rutin! Kopi kaya akan zat antioksidan yang terkenal sebagai penangkal radikal bebas.

Radikal bebas yang bersarang di dalam tubuh dapat mempercepat proses penuaan dan membuat tubuh kita lebih rentan terhadap komplikasi kesehatan. Bagi kamu yang ingin tampil muda di usia tua, disarankan meminum 2 cangkir kopi setiap harinya.

Efek Samping Kopi

Perlu diperhatikan bahwa mengonsumsi kopi terlalu banyak dapat berakibat buruk bagi tubuh kita. Kebanyakan minum kopi akan memperlambat kerja beberapa organ tubuh.

Agar lebih jelasnya lagi, berikut adalah efek samping kopi jika dikonsumsi terlalu banyak:

  • Gangguan pencernaan: Kadar kafein yang terlalu tinggi bisa merusak lambung dan mengganggu keseimbangan asam.
  • Susah tidur: Terlalu banyak meminum kopi dapat mengganggu pola tidur, dan berujung pada penyakit insomnia.
  • Penyakit jantung:. Kafeina meningkatkan detak jantung. Jika kadarnya berlebihan, jantung bisa bekerja terlalu cepat dan menimbulkan serangan jantung.

Minum kopi secara rutin memang baik bagi tubuh. Namun, ingat untuk tidak mengonsumsinya secara berlebihan ya

Cari Artikel Lainnya