Home » Kongkow » Tahukah Kamu » Mengungkap Cerita Mistis Rumah Soeharto Di Solo. Banyak Kejadian Enggak Masuk Akal!

Mengungkap Cerita Mistis Rumah Soeharto Di Solo. Banyak Kejadian Enggak Masuk Akal!

- Kamis, 10 September 2020 | 10:49 WIB
Mengungkap Cerita Mistis Rumah Soeharto Di Solo. Banyak Kejadian Enggak Masuk Akal!

Rumah Soeharto di Solo ternyata menyembunyikan sejumlah kejadian mistis. Hal itu diungkapkan oleh sang penjaga rumah. Banyak kejadian yang enggak masuk akal! Presiden ke-2 Republik Indonesia Soeharto diketahui pernah menghuni sebuah rumah di Solo.

Rumah tersebut berada di Jalan Kalitan, Solo sehingga dikenal dengan sebutan Dalem Kalitan atau Ndalem Kalitan. Rumah bergaya joglo yang luas ini dibeli Soeharto dari keluarga ahli waris Mangkunegaran, Raja Solo.

Kini, rumah Soeharto dan istrinya, Tien Soeharto, itu dirawat dan dijaga oleh petugas jaga bernama Toto. Toto menjelaskan rumah presiden di Solo ini sebelumnya adalah milik Ratu Alit yang didirikan pada tahun 1918.

Toto pun membagikan peristiwa yang ia alami di rumah yang berada di Ndalem Kalitan, Solo itu. Selama bertahun-tahun bertugas menjaga rumah, Toto mengalami dan melihat banyak kejadian yang tidak masuk di akal di rumah tersebut.

Cerita Mistis Rumah Soeharto di Solo

1. Tidur Berpindah di Rumah Soeharto

Toto bercerita pernah ada petugas jaga yang berasal dari aparatur negara mengalami kejadian aneh. Petugas itu tertidur, tetapi saat bangun dirinya sudah berpindah tempat dari lokasi dirinya tidur. (Ada) petugas yang tertidur, meski sambil duduk dan hanya sebentar, tiba-tiba setelah bangun sudah berada di tempat lain,

Dia mengatakan, tidak mungkin ada petugas atau temannya yang berjaga yang memindahkan petugas tersebut. “Saya juga tidak tahu siapa yang kuat mengangkat petugas jaga yang tertidur itu,” tambahnya.

2. Gamelan Berbunyi Sendiri

rumah soeharto

Di rumah tua tersebut terdapat seperangkat gamelan yang diletakkan di ruang depan. Gamelan itu biasanya dimainkan saat ada acara-acara khusus. Namun, cerita mistis yang bikin merinding terkait gamelan ini kerap terjadi.

“Gamelan ini sering berbunyi sendiri, terutama sekitar jam 02:00 dini hari,” kata Toto. Gamelan yang berbunyi sendiri itu seperti memainkan irama atau nada-nada tertentu yang bisa menghanyutkan mereka yang mendengarkan.

3. Listrik Padam saat Burung Tak Sengaja Tertembak

rumah soeharto

Toto bercerita, di suatu sore ada petugas keamanan sedang memperbaiki senjatanya. Setelah senjata yang diperbaiki selesai, petugas keamanan itu kemudian mencobanya. Rupanya, peluru yang keluar dari senjata itu tanpa sengaja mengenai burung gereja yang ada di sekitar rumah.

“Kejadiannya sore hari, senjata meledak juga tidak sengaja, tapi kena burung gereja dan mati,” papar Toto. Begitu burung itu terjatuh dan tewas, listrik di rumah itu langsung padam.

Toto pun berusaha menghubungi petugas PLN untuk memperbaiki listrik rumah yang mati itu. Petugas PLN yang datang langsung mengecek semua instalasi listrik yang ada di rumah hingga malam hari.

“Petugas PLN nyerah, akhirnya kami gelap gulita malam itu sampai hari berikutnya,” ujar Toto. Namun, sehari kemudian tanpa ada perbaikan, tiba-tiba listrik di rumah itu langsung menyala dengan sendirinya.

4. Kesulitan Menebang Pohon Mangga

Kejadian selanjutnya yang membuat Toto merasa aneh selama bertugas di rumah Soeharto yakni saat memotong pohon. Peristiwa itu terjadi saat ia memanggil tukang potong pohon untuk merapikan daun dan batang pohon mangga yang sudah tua.

Toto bercerita, tukang gergaji yang datang ke rumah Soeharto itu seperti agak menganggap remeh saat memotong pohon-pohon yang ada.

“Karena dia agak sombong, tiba-tiba mesinnya mati. Tidak bisa dipakai. Setelah dibongkar, ternyata di dalam mesin ada potongan kayu besar,” jelas Toto.

Bukan itu saja, tukang potong pohon itu pun harus mengganti mata gergaji sampai enam kali hanya untuk merapikan satu pohon mangga di rumah Soeharto.

5. Melihat Makhluk-Makhluk Gaib di Rumah Soeharto

rumah tua

Kejadian aneh selanjutnya adalah banyaknya penampakan dan peristiwa-peristiwa aneh yang terjadi di sekitar rumah tersebut. Meski demikian, Toto merasa tidak takut atau bingung, karena sudah terbiasa dengan hal-hal mistis tersebut.

“Saya sangat sering melihat mahluk gaib di sini. Kejadiannya sudah berulang-ulang. Tapi saya diam saja karena ini kan memang (dulunya) rumah ratu,” pungkas Toto.

Bagaimana pendapatmu mengenai cerita-cerita mistis di rumah Soeharto ini? Apakah itu semua kejadian yang kebetulan saja?

Cari Artikel Lainnya