Home » Kongkow » Kesehatan » Ketahui Pentingnya Kebiasaan Minum Air Setiap Hari

Ketahui Pentingnya Kebiasaan Minum Air Setiap Hari

- Senin, 07 September 2020 | 14:56 WIB
Ketahui Pentingnya Kebiasaan Minum Air Setiap Hari

Biasanya, berolahraga serta mengonsumsi makanan sehat secara rutin menjadi alasan sulitnya menjalani hidup sehat. Padahal, minum air cukup juga penting untuk menjaga kesehatan dan imunitas tubuh.

Kurang minum air akan membuatmu dehidrasi, kurang fokus serta menimbulkan rasa lapar palsu. " Kita harus menjaga hidrasi optimal dengan minum air agar tubuh bisa berfungsi dengan baik, nggak ngeblank dan lemes," kata Ahmad Aulia Ghufron, Dokter & Health Influencer dalam peluncuran Vit 8+, akhir pekan kemarin.

" Asupan cairan memang dibutuhkan sekali untuk mendukung aktivitas sehari-hari, karena 2/3 dari tubuh manusia adalah air yang tidak bisa diproduksi tubuh sendiri," lanjutnya.

Kesulitan Memenuhi Kebutuhan Cairan Tubuh

Minum Air

Banyak orang yang masih kesulitan mencukupi kadar air yang dibutuhkan tubuh. Minum air seringkali hanya dilakukan saat haus atau dehidrasi. Padahal, haus merupakan sinyal dehidrasi ringan yang seharusnya tidak ditunggu untuk minum air.

Sebelum kehausan, cukupi kadar air tubuh sebanyak 2 liter per hari atau setara 8 gelas. Jika melakukan banyak aktivitas fisik, kamu harus minum lebih banyak karena kebutuhan cairan yang lebih tinggi.

Memilih Berbagai Jenis Air Minum

Kamu bisa memilih berbagai jenis air minum yang ada di pasaran jika tidak bisa menyediakannya sendiri. Beberapa di antaranya mengandung pH basa yang bermanfaat untuk menjaga keseimbangan pH tubuh.

Meski begitu, kamu tetap bisa mengonsumsi segala jenis air minum untuk mencukupi kebutuhan cairan. Jika masih sulit memenuhi kebutuhan cairan tubuh, cobalah minum air sebelum dan setelah melakukan sesuatu, seperti bangun, tidur, bekerja dan berolahraga.

Terus minum air sebelum dan setelah melakukan sesuatu agar lama kelamaan bisa memenuhi kebutuhan cairan harian.

Cari Artikel Lainnya