Kuis

Belajar Fotografi HP

2 months 'ago'

Ada banyak momen yang sangat disayangkan bila terlewat begitu saja sehingga setiap momen perlu diabadikan. Nah, untuk mengabadikan setiap momen dengan kamera hp tentunya sudah biasa dilakukan banyak orang. Akan tetapi, tak sedikit orang yang beranggapan bahwa kamera hp tidak memadai untuk menghasilkan foto dengan kualitas baik.

Namun, seiring dengan berkembangnya teknologi, banyak kamera hp yang tidak kalah canggih bila dibandingkan dengan kamera mirrorless atau DSLR sekali pun. Saat ini untuk belajar fotografi pun semakin mudah. Kita tidak harus diwajibkan memiliki kamera mahal sekelas DSLR atau mirrorless untuk mulai belajar fotografi. Kita bisa memanfaatkan hp kita untuk mulai belajar fotografi dan menciptakan foto keren bermodal kamera hp saja.

Karena kamera HP merupakan kamera yang selalu bisa kita bawa kemana – kemana. Tetapi mungkin sebagian besar dari kita memang mempunyai kamera DSLR atau mirrorless, namun tetap saja HP  yang menemani berbagai kegiatan kita dimanapun berada bahkan di meja makan sekalipun, praktis dan multifungsi.

Itulah kenapa, kemampuan memaksimalkan kamera yang ada di handphone anda adalah salah satu skill wajib yang dimiliki manusia modern saat ini. Tentunya untuk menghasilkan jepretan foto yang berkualitas menggunakan Handphone layaknya kamera profesional, membutuhkan usaha yang lebih disertai teknik dan trik.

Dibawah ini beberapa hal yang harus kita perhatikan dalam Belajar Fotografi HP untuk menghasilkan foto yang menarik. 

1. Kenali Fitur dan Spesifikasi Kamera HP 

Sebelum anda Belajar Fotografi Dengan Kamera HP, hal pertama yang harus kita ketahui adalah spesifikasi dan fitur yang ada di hp kita. Setidaknya kita harus tau batasan batasan dari kamera hp kita,  selain itu kita juga harus tau fitur apa saja yang tersedia di hp yang kita miliki. 

Sebagai orang yang gemar memotret dengan kamera handphone (hp), selain kita harus mengetahui fitur dan spesifikasi yang ada dalam HP kita, kita juga mencari tahu kelebihan dan kelemahan dari kamera yang dimiliki merupakan suatu keharusan karena hal tersebut bisa menolong kita dalam memilih saat yang tepat untuk mengambil gambar. Contohnya bahwa iPhone tidak baik untuk memotret di malam hari, karena gambar-gambarnya pasti tidak jelas dan kabur. Itulah sebabnya cobalah untuk menggunakannya hanya pada waktu siang hari. 

2. Pelajari Setting Kamera HP Kita 

Setiap hp memiliki beberapa settingan kamera yang berbeda, baik itu iso, resolusi, frame, dan lain sebagainya. Namun kita tetap harus belajar fungsi dari setting kamera hp kita masing masing. Setting kamera di hp tidaklah sesulit di dslr, namun kita harus mencoba satu per satu fitur kamera kita. Karena fitur yang kita gunakan kadang berbeda dari versi ke versi.

3. Aktifkan Grid untuk Mendapatkan Komposisi Rule of Third yang Pas.

Salah satu faktor mengapa foto terlihat bagus adalah komposisi, dan salah satu komposisi dalam dunia fotografi adalah rule of third yang akan membagi layar HP menjadi 9 kotak. Kita bisa meletakkan objek foto di persimpangan garis, hindari penempatan objek foto di tengah saja.  Jadi, aktifkan Grid di pengaturan kamera HP agar kita bisa mendapatkan komposisi rule of third yang akurat sehingga keindahan foto kita naik kelas.

4. Kenali Waktu Jeda Shutter (Shutter Lag)

Processor DSLR dirancang bisa secepat kilat mengambil dan memproses foto sesaat setelah tombol shutter ditekan, sementara kamera HP memiliki apa yang disebut dengan shutter lag, yaitu waktu jeda antara tombol shutter mulai ditekan hingga kamera mulai mengambil dan memproses foto.

Waktu jeda ini disebabkan karena kemampuan prosesor HP yang memang dirancang bukan sepenuhnya untuk melakukan pengambilan foto secara cepat. Karena alasan inilah, kenali waktu jeda dan usahakan tangan kita tetap stabil dan tidak bergerak sesaat setelah tombol shutter ditekan hingga file foto terbentuk.

5. Fokus

Hal yang paling penting untuk diperhatikan pada saat mengambil foto adalah memastikan bahwa subjek anda berada dalam fokus yang tajam. Untuk mengatur fokus pada kamera iPhone, anda cukup menekan layar di mana subyek berada dalam frame. Sebuah kotak kuning kecil akan muncul untuk mengkonfirmasi titik fokus. Jika subyek berpindah, pastikan anda menyentuh layar sebelum memotret untuk memastikan bahwa gambar tetap berada dalam keadaan fokus.

Terus asah kemampuan kita dengan terobosan ide-ide kreatif untuk menghasilkan foto yang unik dan berkualitas. Dan dengan belajar secara pelan-pelan dengan tips tersebut, kita akan memahami teknik yang tepat untuk digunakan ketika memotret dengan handphone Bahkan dengan bentuknya yang lebih ringkas dan ringan, kita bisa melakukan eksperimen dengan sudut pandang pengambilan yang mungkin tidak bisa didapatkan dengan menggunakan kamera DSLR.

sumber : https://jsp.co.id/belajar-fotografi-hp/

utakatikotak
0
utakatikotak
38
HAI OTAKERS
LAINNYA
Halo Otakers, salam kenal semuanya.
Di "Hai Otakers" ini mimin ingin berinteraksi dengan otakers semua. "Salam Sabang sampai Merauke"
Jangan lupa subscribe channel youtube kita ya guys.
FREEZE
LAINNYA
ARTIKEL LAINNYA
Cari materi lainnya :