Home » Kongkow » Materi » Apa Itu Perubahan Wujud Zat Dan Jenis Beserta Contohnya

Apa Itu Perubahan Wujud Zat Dan Jenis Beserta Contohnya

- Rabu, 17 Juni 2020 | 11:33 WIB
Apa Itu Perubahan Wujud Zat Dan Jenis Beserta Contohnya

Apa si perubahan wujud zat itu?, perubahan wujud zat merupakan perubahan yang termodinamika dari fase benda ke keadaan wujud zat yang lainnya.

Perubahan ini umumhya terjadi karena adanya kejadian pelepasan serta penyerapan suatu kalor. Perubahan wujud zat akan terjadi saat titik ternteu tercapai oleh senyawa zat atau atom itu, yang umumnya dikuantitaskan pada angka suhu. Sebagai contoh air untuk menjadi padat haruslah mencapai suatu titik dan air menjadi gas harus mencapaui titik didihnya.

Jenis Perubahan Wujud

  • Membeku

Kejadian perubahan wujud zat dari cari ke padat. Dalam kejadian tersebut zat melepaskan energi panas. Misalnya kejadian mencair yakni air yang kita masukan kedalam freezer akan mencapai titik dingin dan menjadi es, lilin cair yang didinginkan.

Dalam ilmu kimia dan fiska, proses pembekuan yang terjadi ialah proses dimana cairan yang berubah menjadi padat. Titik beku adalah temperatur di mana hal tersebut terjadi. Perubahan merupakan suatu proses kejadian dari pembekuan dimana padatan berubah menjadi cair, pada sebagaian kejadian zat, titik beku dan titik lebur umumnya sama.

  • Mencair

Suatu kejadian perubahan wujud zat dari padat ke cair. Dalam peristiwa tersebut zat membutuhkan energi panas. Misalnya kejadian mencairnya batu es yang berubah menjadi air, lilin yang dipanaskan.

Peleburan atau pencairan ( terkadang disebut fusi) merupakan sebuahproses yang bisa menghasilkan perubahan fase dari padat ke cair. Energi internal zat padat meningkat (umumnya disebabkan panas) mencapai temperatur tertentu atau disebut titik leleh, pada saat zat tersebut menajdi cair, benda yang sudah mencair seutuhnya sebut juga sebagai benda cair.

  • Menguap

Kejadian dalam perubahan wujud zat dari cari ke gas. Dalam kejadian ini zat membutuhkan energi panas. Misalnya air yang direbus jika kita diamkan lama-lama akan habis, bensin yang dibiarkan pada tempat terbuka lama-kelaman akan habis dan berubah menjadi gas.

Uap merupakan gerakan refleks menghembuskan dan menark napas yang terjadi pada saat kita merasa mengantuk atau letih. Masih belum di ketahui sebab mengapa orang menguap, tapi sering dikatakan bahwa penyebabnya ialah jumlah oksigen di paru-paru yang rendah.

  • Mengembun

Suatu peristiwa perubahan wujud dari gas ke cair. Pada kejadian tersebut zat melepaskan energi panas. Misalnya mengembun ialah saat kita menyimpan sebuah es batu pada gelas maka bagian luar gelas akan menjadi basah, atau rumput yang ada dilapangan pada saat pagi hari mejadi basah padahal sore harinya tidak ada hujan.

Uap merupakan gerakan refleks menarik dan juga menghenbuskan napas yang terjadi pada saat kita merasa mengantuk atau letih. Belum diketahui sebabnya mengapa seseorang menguap, tatapi dikatakan bahawa penyebabnya ialah jumlah oksigen pada paru-paru dalam kondisi rendah.

  • Menyublim

Sebuah kejadian perubahan wujud zat dari padat ke cair. Dalam kejadian tersebut zat membutuhkan suatu energi panas. Misalnya menyublim yakni pada sebuah kamper atau sering kita sebut kapur barus, yang disimpan pada lemari pakaian lama-kelamaan akan habis.

Sublimasi merupakan perubahan wujud dari padat ke gas tanpa mencair dahulu. Contohnya es yang langsung menuap tanpa mecair dahulu. Pada kondisi tekanan normal, kebanyakan benda serta zat memiliki tiga bentuk yang bebeda – beda pada suhu yang berbeda-beda.

  • Mengkristal

Sebuah kejadian perubahan wujud dari gas ke padat. Dalam peristiwa tersebut zat melepaskan energi panas. Misalnya mengkristal ialah pada kejadian berubahnya uap menjadi salju.

Deposisi (fisika) atau Desublimasi merupakan sebuah proses pengkristalan diamana hal tersebut terjadi dikarenakan proses mengerasnya atau membekunya benda yang mempunyai zat-zat tertentu dan mempunyai sebuah unsur zat yang bisa memberikan warna pada saat mengeras dan bila dilihat seperti warna kristal. Hal tersebut ialah lawan dari Sublimasi.

Otakers, untuk lebih lengkapnya kalian lihat video pembahasan di bawah ini ya :

Cari Artikel Lainnya