Home » Kongkow » Kesehatan » Konsumsi Kentang Baik Untuk Kesehatan, Tapi Jangan Digoreng ya!

Konsumsi Kentang Baik Untuk Kesehatan, Tapi Jangan Digoreng ya!

- Kamis, 25 Juni 2020 | 12:00 WIB
Konsumsi Kentang Baik Untuk Kesehatan, Tapi Jangan Digoreng ya!

Mengonsumsi kentang sangat baik untuk kesehatan tubuh, terlebih lagi kentang mengandung kalium kalium yang berperan dalam pengaturan tekanan darah dalam tubuh. Namun apa jadinya jika gemar mengonsumsi kentang yang diolah dengan cara digoreng?

Sebuah hasil studi yang dipublikasikan dalam British Journal of Nutrition menunjukkan bahwa dengan memakan satu kentang ukuran sedang dalam sehari dapat menjadi bagian dari diet sehat dan tidak meningkatkan kardiometabolik.

Namun, penelitian yang dilakukan para ahli gizi dan ahli kesehatan di Pennsylvania State University juga menunjukkan mengonsumsi kentang menjadi tidak baik jika kentang diolah dengan cara digoreng dan terlalu banyak menambahkan garam.

Konsumsi Kentang Baik Untuk Kesehatan, Tapi Jangan Digoreng ya!

Cara terbaik dalam mengolah kentang adalah dengan mengukusnya. Sebab, kandungan serat dan kalium yang tinggi pada kentang akan terjaga. Dan kandungan itu lebih tinggi dari kandung serat dan kalium pada nasi, roti, atau bahkan pasta.

"Kami ingin memastikan orang memakannya (kentang) dengan cara yang sehat dan dalam porsi yang terkontrol," kata Emily Johnston, salah seorang peneliti di studi yang dilakukan para ahli gizi dan ahli kesehatan di departmen ilmu gizi Pennsylvania State University

"Sayuran bertepung dan biji-bijian olahan memang berkontribusi menghasilkan nutrisi penting juga, hanya saja kita perlu memakannya secara seimbang," tambah Johnston.

Cari Artikel Lainnya