Kuis

Berkenalan dengan 5 Penemu yang Mengubah Dunia

2 months 'ago'

Coba perhatikan sekeliling kalian. Barang-barang apa yang kalian lihat? Kemungkinan besar, ada smartphone di dekat kalian bukan? Mungkin ada juga komputer atau laptop, buku, lampu, televisi, hingga mobil atau motor. Coba bayangkan, apakah barang-barang tersebut sudah ada 5000 atau 2000 tahun yang lalu? Kita harus berterima kasih kepada para penemu atas barang-barang yang memudahkan kita untuk beraktivitas sehari-hari.

Sejak zaman dulu hingga saat ini, para ilmuwan terus mengembangkan teknologi yang dapat menunjang kesejahteraan manusia. Banyak penemu yang berinovasi dan berusaha menciptakan hal-hal baru. Temuan yang berhasil akan digunakan oleh banyak orang dan mendorong ilmuwan-ilmuwan muda untuk mengembangkan versi yang lebih baru lagi.

Kita berutang pada para penemu yang tidak dapat dihitung jumlahnya. Tapi, lima penemu ini berhasil mengubah dunia dengan inovasi mereka. Yuk kita cari tahu lebih dalam tentang mereka!

Leonardo da Vinci

Image result for leonardo da vinci adalah

Jangan salah, kalian mungkin mengenal Leonardo da Vinci lewat lukisannya yang menawan, yaitu Mona Lisa. Tapi selain sebagai seniman ternama, da Vinci juga merupakan ilmuwan dan insinyur yang jenius di masanya. Ia telah mendesain helikopter dan tank bahkan ketika teknologi saat itu belum mampu mewujudkannya. Da Vinci juga menemukan alat tenun mekanik dan gergaji hidrolik. Tidak hanya itu, ia bahkan merencanakan desain kapal selam dan robot.

Thomas Edison

Image result for Thomas Edison

Ketika membayangkan nama seorang penemu, sebagian besar dari kalian mungkin akan menyebut nama Thomas Alva Edison. Ia merupakan seorang penemu sekaligus pengusaha sukses di Amerika. Temuannya mencapai ribuan, termasuk fonograf, bola lampu listrik, telepon (walaupun dipatenkan pertama kali oleh Alexander Graham Bell), kamera film, hingga mikrofon dan baterai alkali. Edison juga tokoh pertama yang mendirikan laboratorium penelitian industri.

Archimedes

Image result for Archimedes

Mendengar nama Archimedes, kalian mungkin mengaitkan dengan momen Eureka-nya. Archimedes merupakan figur penting di bidang teknik pada abad ke-3 SM. Tidak banyak yang diketahui soal masa hidupnya, tapi hingga saat ini, Archimedes dikenal sebagai salah satu ilmuwan klasik yang berpengaruh. Berkat Archimedes, kita dapat menggunakan katrol, tuas, katapel, hingga gigi roda. Tentu saja, kita tidak melupakan hukum mekanika fluida tanpa Archimedes.

Louis Pasteur

Image result for Louis Pasteur

Sebagai ilmuwan asal Perancis, Louis Pasteur rupanya juga merupakan ahli mikrobiologi yang pertama di dunia. Banyak dari temuan-temuannya memberikan kontribusi yang sangat besar di bidang mikrobiologi medis. Pasteur menemukan bahwa mikroorganisme mengakibatkan fermentasi sekaligus penyakit. Kita juga tidak boleh melupakan proses pasteurisasi yang diambil dari namanya. Tidak hanya itu, Pasteur juga berhasil mengembangkan vaksin untuk penyakit antraks dan rabies

Nikola Tesla

Image result for Nikola Tesla

Tidak adil jika kita menyebut Edison tanpa menyinggung saingannya, yaitu Nikola Tesla. Tesla mungkin bukan penemu mobil elektrik, tapi sepanjang hidupnya, ia berhasil mengembangkan banyak temuan yang tidak kalah dari Edison. Tesla berhasil menemukan arus alternatif, motor elektrik modern, kapal remote kontrol, bahkan ada pula yang menyebut teknologi radar dan komunikasi nirkabel.

sumber : https://www.kelaspintar.id/blog/inspirasi/berkenalan-dengan-5-penemu-yang-mengubah-dunia-3082/

utakatikotak
0
utakatikotak
56
HAI OTAKERS
LAINNYA
Halo Otakers, salam kenal semuanya.
Di "Hai Otakers" ini mimin ingin berinteraksi dengan otakers semua. "Salam Sabang sampai Merauke"
Jangan lupa subscribe channel youtube kita ya guys.
FREEZE
LAINNYA
ARTIKEL LAINNYA
Bagikan