Home » Kongkow » Tahukah Kamu » Tenang, Pakaian dan Makanan Impor Tak Menjadi Media Penyebaran Corona

Tenang, Pakaian dan Makanan Impor Tak Menjadi Media Penyebaran Corona

- Rabu, 29 Januari 2020 | 16:49 WIB
Tenang, Pakaian dan Makanan Impor Tak Menjadi Media Penyebaran Corona

Jangan mudah percaya kabar kalau penyebaran virus corona berasal dari pakaian bekas impor ataupun buah dari China. Namun tetap waspada dan menjaga kesehatan agar tak mudah terserang virus yang menggemparkan dunia saat ini.

Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan RI Dr Anung Sugihantono menegaskan, sampai saat ini mekanisme penularan yang sesungguhnya belum diketahui.
Badan Kesehatan Dunia (WHO) masih dalam penyelidikan dan pengawasan terhadap kasus virus corona yang sudah menyebar ke berbagai negara selain wilayah asalnya, yaitu di Wuhan, Provinsi Hubei, China.

Namun, dugaan yang paling kuat penyebaran tersebut terjadi melalui kontak langsung. Kontak langsung terjadi saat kita berbicara dengan orang yang terjangkit atau baru pulang dari Wuhan yang mungkin memiliki virus tetapi belum ada gejalanya. Selain itu, juga bisa melalui udara di sekitar ketika Anda serta melalui droplet.

Droplet merupakan partikel kecil dari mulut (air liur) penderita yang mengandung mikroorganisme penyebab penyakit. "Tidak ada ceritanya pakaian, termasuk baju bekas atau makanan impor dari 

Tenang, Pakaian dan Makanan Impor Tak Menjadi Media Penyebaran Corona

Image from facebook.com

China bisa menyebar (virus corona) melalui itu," kata Anung di Gedung Kemenkes RI. Asalkan semua barang tersebut dicuci dengan bersih, tidak akan ada masalah. Namun, ini tak hanya barang yang dibeli dari China.

Semua barang yang dibeli dari mana pun harus mendapat perlakuan yang sama, yakni dicuci sampai bersih. Hal yang perlu diwaspadai juga adalah untuk tidak dekat-dekat dengan pasar unggas, hewan liar yang diduga menjadi sumber penularan. Selain itu, antisipasi diri untuk menggunakan masker saat berada di dekat orang yang sedang batuk-batuk ataupun flu.

Jika Anda merasa khawatir dengan kondisi tubuh Anda dan menemukan beberapa gejala, seperti demam tinggi lebih dari 38 derajat celsius, batuk, pilek, merasa tidak enak badan, dan sesak napas, ada baiknya Anda melakukan pemeriksaan ke rumah sakit.

Namun, untuk memastikan positif atau negatifnya seseorang terhadap virus corona ini, konfirmasi langsung hanyalah melalui pengecekan kesehatan di Pusat Biomedis dan Teknologi Dasar Kesehatan Kemenkes. Hasilnya akan diketahui dalam waktu dua atau tiga hari setelah pemeriksaan kesehatan.

Cari Artikel Lainnya