Home » Kongkow » Tips & Trik » 5 Cara Mengatasi Laptop Kena Air Terbukti Ampuh

5 Cara Mengatasi Laptop Kena Air Terbukti Ampuh

- Sabtu, 03 Oktober 2020 | 15:00 WIB
5 Cara Mengatasi Laptop Kena Air Terbukti Ampuh

Mengerjakan tugas dengan menggunakan laptop paling enak sambil ngemil makanan beserta minuman. Apalagi kalau nonton ataupun streaming film sambil ngemil dan tiduran di kasur itu istimewa sekali. Akan tetapi seringkali tak sengaja kita menyenggol gelas sehingga gelas yang berisi air tersebut menumpahi laptop. Pada akhirnya membuat laptop kita basah serta terkadang ada juga yang langsung mati dan tiba-tiba ngelag. Jika sudah seperti itu pasti banyak yang bingung, apa sih yang harus dilakukan ketika sudah seperti itu. Biasanya kebanyakan ada yang mematikan mengelap secara perlahan di bagian yang terkena airnya, dan coba mematikan. Jika sudah kering maka mencoba dihidupkan kembali. Sebenarnya untuk langkah pertama sudah benar, akan tetapi apabila langsung dihidupkan kembali setelah kering itu tindakan yang salah.

Karena bisa saja ada air yang masuk ke hardware yang terdapat di laptop, perlu anda ketahui juga bahwa laptop itu banyak sekali lubang-lubang kecil dimana anda tidak dapat melihat satu persatu. Jadi lubang-lubang kecil tersebut berfungsi sebagai ventilasi laptop agar tidak mudah cepat panas. Lalu bagaimana apabila laptop sudah terlanjur kemasukan air?, jangan khawatir, disini saya akan menjelaskan cara mengatasinya Dan di bawah ini wajib banget anda lakukan, yang penting jangan langsung hidupkan setelah dilap. Pastikan benar benar kering, dan jika sudah baru silahkan dicoba.

Cara Mengatasi Laptop Kena Air

1. Cabut Baterai Laptop

mencabut baterai laptop

Cara pertama atau tindakan pertama ketika laptop anda kemasukkan cairan maka anda harus cepat cepat melepas charger yang terpasang di laptop jika laptop anda dicas. Jika sudah lepas, sebisa mungkin jika laptop masih menyala, maka segera matikan karena itu sangat berbahaya sekali.

Jika sudah dimatikan maka berikutnya silahkan lepas baterai laptop. Pastikan anda tahu cara melepasnya, hampir kebanyakan laptop gampang banget untuk melepas baterainya. Maka anda tidak perlu khawatir lagi akan hal itu.

2. Mengelap Cairan Yang Terlihat Di Laptop

Cara kedua untuk mengatasi laptop kena air yakni silahkan lap saja cairan yang masih terlihat pada laptop. Misalnya pada bagian keyboard, speaker dan sebagainya. Jika melihat ada sedikit air maka segera lap, dan jangan sampai kelewatan satu pun. Karena kalau kelewatan dan ada yang masuk ke perangkat keras, maka dapat membuat laptop ngelag dan performa menurun.

3. Cara Mengatasi Laptop Kena Air Dengan Buka Laptop Lebar-Lebar dan Menghadap Ke Bawah

menghadapkan laptop ke bawah

Selanjutnya hal yang bisa anda lakukan yakni silahkan buka laptop selebar mungkin akan tetapi jangan kelewatan takut layarnya lepas dan rusak. Pokoknya selebar mungkin lalu angkat dan hadapkan ke bawah agar air yang ada di dalam mau keluar. Lalu anda juga bisa hempas-hempaskan secara perlahan untuk membantu air yang di dalam mau keluar.

4. Lepas Semua Hardware Yang Kalian Bisa Lepas (Tidak Wajib)

Berikutnya untuk meminimalisir kerusakan yang terjadi yakni silahkan lepas saja beberapa perangkat keras seperti hardisk dan RAM agar tidak terkena air. Jika tidak tahu dan takut bisa meminta tolong teman anda di rumah. Jika memang terburu-buru ya udah silahkan lepas sebisa mungkin. Akan tetapi jika ingin melihat tutorial cara melepasnya, di video youtube banyak kok. Pokoknya intinya lepas semua hardware yang bisa kalian lepas.

5. Tunggu Sehari Penuh Baru Dihidupkan

menjemur laptop

Untuk memastikan apabila kondisi laptop sudah benar benar kering selanjutnya silahkan kalian diamkan saja selama sehari dengan posisi laptop dibuka lebar serta menghadap ke bawah. Hal ini berfungsi membantu air yang terdapat di dalam laptop mau keluar. Jika sudah dan anda juga sudah merasa aman, silahkan nyalakan.

Jadi itulah mengenai cara mengatasi laptop kena air tanpa service terlebih dahulu. Semoga dengan menggunakan cara ini, laptop anda yang terkena air berhasil diselamatkan tanpa harus ke tukang servis. Semoga bermanfaat, sekian, dan terima kasih.

Cari Artikel Lainnya