Kuis

10 Fakta Unik Negara Bunga Sakura Jepang

2 weeks 'ago'
Negeri Jepang yang terkenal dengan bunga sakura dan juga matahari terbitnya menjadi tempat berkunjung turis berbagai negara, mulai dari berbagai objek wisatanya, hingga fakta-fakta unik yang ada di dalamnya. Hal ini dibuktikan oleh dengan banyaknya wisatawan dari Indonesia yang berlibur ke Jepang. Negeri Sakura Jepang ini juga terkenal dengan berbagai anime ataupun kulinernya.

Nah, jika kalian ingin berwisata ke Negeri Jepang, ketahui dulu fakta-fakta menarik tentang negara satu ini. Mungkin sebgian masyarakat Indonesia terlihat aneh, namun tidak untuk masayarakat Jepang. Berikut ini 10 fakta unik tentang negara Jepang yang akan saya bagikan untuk kalian.

1.Memiliki Pasar Ikan Terbesar di Dunia

Fakta unik dari negara Jepang yang pertama adalah negara yang memiliki pasar ikan terbesar di dunia. Pasar ini terletak di Tsukji, Tokyo. Setiap harinya pembeli ikan akan menemukan hampir sekitar 2.000 ton produk laut untuk di jual.

Fakta unik Jepang ketika di pasar adalah terdapat tempat pelelangan ikan tuna yang sangat kaya dengan berbagai kandungan zat penting. Pada pasar ini, pernah ada seekor tuna sirip biru dapat terjual hingga sekitar 1,62 Milyar rupiah. Bagaimana? Harga yang cukup besar bukan.

2. Cara Naik Eskalator yang Unik

Kegiatan ini sudah menjadi tradisi bagi masyarakat jepang, ketika naik eskalator akan berdiri di sebelah kiri. Hal ini bertujuan untuk memberi kesempatan bagi orang yang sedang terburu-buru serta dapat menggunakan bagian sebelah kanan eskalator.

Di negara Jepang banyak sekali peraturan umum yang tidak tertulis, namun semua masyarakatnya sangat patuh dengan aturan tersebut. Memang negara yang luar biasa dan sangat menarik.

3. Orang Jepang Ternyata Juga Hemat

Walaupun Jepang memiliki pendapatan perkapita yang tinggi, hal tersebut tidak menjadikan orang jepang memiliki sifat konsumtif. Masyarakat Jepang selalu mengutamakan budaya hemat dalam gaya hidup yang biasa saja.

Salah satu fakta dalam hal ini adalah kebanyakan orang Jepang akan mengunjungi supermarket atau tempat belanja ketika akan tutup. Hal tersebut dilakukan , karena pihak dari supermarket akan memberikan diskon pada saat itu. Nah, inilah yang membuktikan orang Jepang memiliki gaya hidup yang hemat.

4. Orang Jepang Terkenal Ramah-Ramah

Ketika kalian berkunjung ke toko-toko yang ada di negara Jepang, jangan asing dan merasa kaget ketika disambut dengan ucapan Irasshaimase! Artinya ialah selamat datang. Negara Jepang juga terkenal dengan keramahan orang-orangnya, mereka akan selalu tersenyum.

Terdapat kebiasaan unik di sisni, yaitu mereka akan menggunakan kedua tangannya untuk memberikan suatu barang kepada orang lain sebagai tanda penghormatan. Tradisi ini memang hanya dapat kalian jumpai jika mengunjungi negara Jepang.

5. Kebiasaan Makan yang Unik

Jepang juga memiliki tradisi unik ketika makan, yaitu tentang tata krama saat di meja makan. Hal ini dapat dikatakan unik, karena kebiasaan tersebut sangat berbeda dengan negara Indonesia. Berikut ini tata krama (table manner) yang dilakukan orang jepang ketika makan:
1. Makan menggunakan mangkok dan mengangkatnya hingga dekat mulut. Jika orang Jepang makan tidak melakukan hal ini, maka akan dianggap oleh masyarakat Jepang tidak sopan dan seperti hewan anjing.
2. Ketika makan sushi merupakan salah satu makanan yang terkenal atau dapat dibilang khas dari Jepang yang benar adalah dengan mencelupkan ke dalam saus pada bagian yang terbuat dari nasi terlebih dahulu.
3. Menyeruput kuah dari makanan hingga terdengar slurp, hal ini merupakan bentuk pujian bagi makanan yang sangat enak.
4. Ketika menempatkan sumpit secara tegak diatas mangkok yang telah berisi nasi, orang Jepang beranggapan bahwa makanan tersebut dipersembahkan bagi orang yang telah meninggal.

6.Peraturan Dalam Menggunakan Alas Kaki di Jepang

Di negara Indonesia, kebiasaan melepas alas kaki hanya dilakukan ketika akan masuk ke dalam rumah atau ruangan yang harus dijaga kebersihannya. Tetapi, ketika berada di dalam rumah umumnya tidak menggunakan alas kaki. Tradisi ini merupakan hal yang tergolong biasa. Namun berbeda di negara Jepang, orang Jepang akan melepas sepatu ketika akan masuk ke dalam rumah dan menata sepatu tersebut dengan rapi pada rak sepatu.

Setelah menata dengan rapi, orang jepang untuk masuk ke dalam rumah akan menggunakan alas yang bernama Heyabaki atau Surippa. Heyabaki adalah sejenis alas kaki yang terbuat dari bahan yang lembut dan biasanya berbulu untuk digunakan di dalam rumah. Alas kaki ini ketika di gunakan untuk ruangan tertentu dengan ketinggian 1-2 inchi Heyabaki harus dilepas.

7. Buah Melon yang Harganya Fantastis

Negara Jepang memiliki buah melon yang berharga sangat fantastis yaitu melon Muskmelon. Bagaimana tidak, buah melon ini perbijinya dipatok dengan harga 10.000 Yen atau sekitar leboh dari satu juta rupiah.

Melon ini biasanya akan diberikan kepada orang-orang yang dianggap penting. Melon ini juga hanya tumbuh di daerah tertentu saja. Bagaimana? Sangat menarik bukan?

8. Budaya Antri Bagi Masyarakat Jepang

Negara Jepang juga sangat terkenal dengan budaya disiplin yang tergolong tinggi. Saat berada di negara tersebut, kalian akan menemui hampir semua tempat pelayanan umum. Semua orang Jepang akan antri dengan tertib.

Menurut mereka, dengan melanggar antrian adalag perilaku yang sangat memalukan. Meskipun tanpa garis antrian yang mengaturnya, mereka bisa mengatur dirinya sendiri sehingga tetap terlihat rapi. Inilah salah satu budaya yang patut kita jadikan contoh. Bagaimana tidak, budaya ini memberikan cerminan moral yang luar biasa bagi suatu negara.

9. Banyaknya Mesin Penjualan Otomatis

Fakta menarik dari negara Jepang lainnya adalah kalian dapat menemukan banyak mesin penjualan otomastis dimana-mana. Hampir semua sudut kota Jepang akan menyediakan berbagai minuman yang terdapat di mesin penjualan otomatis. Bahkan mesin penjualan ini dapat berisi komik dan mainan yang sangat bermacam-macam.

Tidak heran juga dengan negara satu ini, industri teknologi yang tergolong maju bukan? Jika kalian mempunyai ketertarikan yang lebih pada teknologi Jepang, kalian dapat mengunjungi Odaiba Joypolis yang akan memberikan kalian pengalaman yang sangat menyenagkan dalam dunia teknologi.

10. Kereta dengan Kecepatan Tinggi

Fakta unik Jepang yang terakhir adalah terdapat tranportasi kereta yang sangat cepat. Tidak heran dengan negara yang satu ini, seperti yang saya katakan diatas bahwa Jepang memiliki bidang industri yang tergolong sangat maju. Kereta api tercepat di Jepang memiliki nama Shinkansen, biasanya digunakan untuk pergi ke hampir seluruh wilayah di daerah Jepang.

Selain memiliki kecepatan tinggi, kereta api ini juga terkenal sangat tepat waktu. Selisih waktu yang telah ditetapkan kurang lebih ditempuh hanya hitungan detik saja. Bagaimana keren bukan? Kalian juga dapat menggunakan Suica IC Card untuk kemudahan transportasi di Jepang melayani perjalanan darae dengan kereta JR East, jalur subway, bahkan bus.

Nah, itulah fakta unik Jepang yang dapat kalian temukan jika kalian berlibur ke negeri Sakura ini. Semakin tertarik ingin mengujungi bukan? Masih banyak lagi fakta-fakta unik tentang negara Jepang yang lainnya, silahkan kalian explore sendiri dengan berlibur ke Jepang.

sumber : https://ilmunik.com

utakatikotak
0
utakatikotak
27
Bagikan