Home » Kongkow » WOW » INI 7 FENOMENA LANGIT LANGKA YANG MUNCUL TAHUN 2020

INI 7 FENOMENA LANGIT LANGKA YANG MUNCUL TAHUN 2020

- Senin, 13 Januari 2020 | 14:26 WIB
 INI 7 FENOMENA LANGIT LANGKA YANG MUNCUL TAHUN 2020

Jika tahun 2019 lalu fenomena antariksa ramai oleh peristiwa hujan meteor dan gerhana, hal yang tak jauh berbeda pun akan terjadi di tahun 2020. Ada beragam peristiwa seperti konjungsi terbesar, fase bulan terhebat, hingga fenomena hujan meteor yang akan menghiasi tahun 2020 ini. Jika kamu penggemar antariksa, tentu tak boleh melewatkan kabar gembira ini dan menyaksikan fenomena langitnya nanti. Jangan lupa catat tanggalnya agar tak kelewatan dan bisa terlebih dahulu mempersiapkan diri ya! Berikut ini beberapa fenomena langit yang diprediksi akan terjadi sepanjang tahun 2020.

7 Fenomena Langit Langka yang Akan Terjadi Tahun 2020

1. Planet Venus Bersinar Terang (Maret)

fenomena langit

Fenomena langit pertama akan terjadi di sekitar bulan Maret 2020. Pada bulan Maret 2020, kamu bisa menyaksikan planet Venus yang sering disebut bintang kejora menampakkan sinar terangnya. Fenomena antariksa ini akan terlihat jelas terutama di waktu tengah malam hingga dini hari. Salah satu tandanya yaitu, kerlip bintang berwarna putih cerah yang berada di tengah-tengah konstelasi bintang-bintang Pleiades.

2. Fenomena Supermoon (7 April)

fenomena langit

Fenomena supermooon sempat muncul di tahun 2019 dan dapat disaksikan dengan sangat baik di berbagai tempat di dunia. Ternyata, fenomena langit ini akan muncul kembali di tahun 2020 antara bulan Februari hingga Maret. Namun, para ahli astronomi sendiri menyebut bahwa puncak supermoon akan terjadi pada tanggal 7 April 2020. Yuk, bersiap-siap dan cari tempat terbaik untuk menyaksikan supermoon nanti!

3. Gerhana Matahari Cincin Tahunan (21 Juni)

fenomena langit

Fenomena langit lainnya yang terjadi setiap tahun yaitu fenomena gerhana matahari cincin. Pada 26 Desember 2019 lalu adalah momen terakhir terjadinya peristiwa gerhana matahari cincin dan baru akan muncul kembali tanggal 21 Juni 2020. Sayangnya, Indonesia diprediksi takkan dapat menyaksikannya dan hanya beberapa negara tertentu saja yang dapat melihat peristiwa ini.

4. Hujan Meteor Perseid (12 Agustus)

fenomena langit

Hujan meteor perseid yang terjadi di tahun 2019 disebut sebagai salah satu peristiwa hujan meteor terhebat dalam sejarah. Fenomena langit ini disebut akan kembali muncul tepatnya tanggal 12 Agustus 2020 dengan tampilan yang jauh lebih baik dan lebih hebat. Salah satu daya tariknya berupa suguhan 100 meteor per jam dengan jejak-jejak cahaya terang berkilauan di angkasa. Dijamin hujan meteor perseid dapat terlihat dengan jelas!

5. Mars Terlihat Jelas dari Bumi (13 Oktober)

fenomena langit

Fenomena langit selanjutnya yang sangat menarik dan tak boleh dilewatkan adalah kemunculan planet Mars yang terlihat sangat jelas dari Bumi. Sang planet merah akan terlihat dengan jelas dari Bumi tepatnya pada tanggal 13 Oktober 2020. Di tanggal ini, Mars berada di oposisi matahari sehingga membuat planet Mars telihat bersinar terang seperti Bumi. Sebagai bonus, sinar terang tersebut juga akan membuat planet Jupiter terlihat jelas dan bisa diamati dari Bumi.

6. Fenomena Bulan Biru (31 Oktober)

fenomena langit

Malam Halloween 31 Oktober 2020 akan terasa berbeda dengan munculnya fenomena langit berupa bulan biru (blue moon). Seperti diberitakan IDN Times dari Seasky.org, peristiwa ini muncul karena posisi bulan yang berada di titik yang bersebrangan dengan bumi. Alhasil, matahari menimbulkan ilusi biru pada permukaan bulan yang memicu fenomena ini.

7. Gerhana Matahari Total (14 Desember)

fenomena langit

Pada tanggal 14 Desember 2020, akan muncul fenomena langit memukau lainnya berupa gerhana matahari total. Fenomena ini muncul karena bulan menghalangi matahari secara sempurna dan akhirnya terjadilah gerhana matahari total. Namun sayangnya, hanya dapat disaksikan beberapa wilayah seperti Amerika bagian selatan, Samudra Pasifik, bagian tenggara, dan Samudra Atlantik bagian selatan.

Semoga artikel ini bermanfaat ya, 

Cari Artikel Lainnya