Home » Kongkow » Tips & Trik » 6 Tips Cerdas Mengetik Cepat dan Mudah, Ketahui Teknik Dasarnya!

6 Tips Cerdas Mengetik Cepat dan Mudah, Ketahui Teknik Dasarnya!

- Kamis, 21 Januari 2021 | 16:00 WIB
6 Tips Cerdas Mengetik Cepat dan Mudah, Ketahui Teknik Dasarnya!

Karena kita hidup di era serba teknologi di mana semua halnya bisa dilakukan melalui komputer, maka kemampuan dasar mengetik tentu saja harus kamu kuasai. Meski terkesan sepele, hal-hal dasar tersebut akan menjadi penting saat kamu mulai menjadikan komputer sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari. Seringnya diabaikan, kemampuan dasar mengetik bisa menjadi sesuatu yang berharga karena kamu bisa menggunakan waktu secara efektif dan efisien.

Nah, berikut ini beberapa tips dan teknik cerdas mengetik di PC, laptop, dan sejenisnya menjadi lebih cepat dan mudah agar waktu tidak terbuang sia-sia.

1. Maksimalkan seluruh fungsi jari dengan teknik 10 jari

6 Tips Cerdas Mengetik Cepat dan Mudah, Ketahui Teknik Dasarnya!Pixabay.com/FirmBee

Meski pernah dipelajari di sekolah, teknik 10 jari sering diabaikan oleh banyak pengguna komputer. Penempatan jari-jari yang sesuai dengan posisi huruf-huruf akan membuat kegiatan mengetik kamu menjadi lebih mudah, terarah, dan cepat selesai. Jadi, jangan karena alasan ‘ribet’, kamu mengetik hanya dengan menggunakan dua jari karena sudah terbiasa meskipun akan menyedot waktu lebih banyak.

2. Jari-jari harus dalam keadaan bersih dan terbebas dari bahan-bahan yang merusak tuts

6 Tips Cerdas Mengetik Cepat dan Mudah, Ketahui Teknik Dasarnya!Pixabay.com/StockSnap

Ingat ya, jangan gabungkan kegiatan ngemil ketika kamu sedang menggunakan komputer ya? Jari-jari yang kotor karena makanan (apalagi gorengan) akan membuat permukaan tuts komputer menjadi lebih kotor dan berminyak. Hal tersebut akan mengundang lebih banyak kotoran dan debu yang menelusup masuk ke dalam celah-celah kecil tuts. Karena kotor, maka komputer sudah pasti akan mengalami kerusakan lebih cepat.

3. Duduk dengan posisi yang tegak dan jarak mata yang pas

6 Tips Cerdas Mengetik Cepat dan Mudah, Ketahui Teknik Dasarnya!Pixabay.com/rawpixel

Sering diabaikan oleh banyak orang, posisi duduk yang tegak saat berada di depan komputer akan memudahkan pergerakan kamu ketika mengetik. Meski duduk berlama-lama, kamu tidak akan merasakan pegal saat mengetik di depan komputer. Selain itu, atur juga jarak pandangan dengan permukaan layar komputer agar kesehatan mata kamu bisa tetap terjaga.

4. Biasakan diri melihat layar komputer saat jari-jari kamu sedang mengetik

6 Tips Cerdas Mengetik Cepat dan Mudah, Ketahui Teknik Dasarnya!Pixabay.com/PublicDomainPictures

Saat mengetik, biasakan fokuskan pandangan pada layar komputer dan jangan tergoda untuk melihat tuts di bawah. Melihat layar komputer saat mengetik akan membuat proses mengetik menjadi lebih cepat dan terfokus. Pikiran kamu tidak akan lagi terfokus pada arah jari yang menekan huruf-huruf yang salah jika kamu sudah mengetahui teknik mengetik yang baik dan benar.

5. Maksimalkan fungsi-fungsi kombinasi tombol shortcut

6 Tips Cerdas Mengetik Cepat dan Mudah, Ketahui Teknik Dasarnya!Pixabay.com/meminsito

Untuk mempersingkat waktu dan mengurangi penggunaan mouse, ada beberapa shortcut yang sudah pasti akan mempermudah kegiatan mengetikmu. Kombinasi tombol-tombol shortcut tersebut biasanya akan terhafal dengan sendirinya seiring dengan intensitas kamu menggunakannya secara rutin.

6. Latih kemampuan mengetik dengan bermain game

6 Tips Cerdas Mengetik Cepat dan Mudah, Ketahui Teknik Dasarnya!Pixabay.com/StockSnap

Nah, ini nih yang bikin kamu bersemangat ketika membiasakan diri belajar mengetik dengan baik dan benar. Jika kamu merasa bosan dengan teknik-teknik yang biasa, tak ada salahnya mencoba bermain beberapa jenis game yang berkaitan dengan kemampuan dasar mengetik. Kamu bisa mencoba game ‘Typing Maniac’, ‘Touch Typing Study’, ’10 Finger Breakout’ dan sejenisnya agar kemampuan mengetik kamu menjadi lebih baik.

Jadi, jangan ngaku jago komputer kalau kemampuan dasar mengetik kamu masih minim ya? Terapkan tips di atas dan kamu sudah bisa menjangkau dunia melalui komputer kesayangan!

Cari Artikel Lainnya