Home » Kongkow » WOW » 4 Trik Pelajaran SD yang Masih Berguna Hingga Kamu Dewasa

4 Trik Pelajaran SD yang Masih Berguna Hingga Kamu Dewasa

- Kamis, 12 November 2020 | 18:00 WIB
4 Trik Pelajaran SD yang Masih Berguna Hingga Kamu Dewasa

Cara menghafal nama bulan/Brightside.me

Cara menghafal nama bulan/Brightside.me

Ayo coba ingat-ingat lagi pelajaran di Sekolah Dasar yang sampai sekarang masih kamu ingat! Jika kamu telaah lagi,ternyata SD memuat banyak pengalaman paling pokok mengenai ilmu hafalan dan perhitungan.

Caranya tidak pun nggak njelimet. Melainkan menggunakan anggota tubuh atau pun singkatan yang mudah diingat untuk kita sewaktu SD dulu. Contohnya empat trik berikut yang kemungkinan besar masih berguna di kehidupan dewasa kamu saat ini. Apa sajakah itu?

1. Bulan dan kepalan tangan

Hafalan bulan/Brightside.me


Kamu lupa bulan ini akan berakhir di angka 30 atau 31? Well, tinggal kepalkan jari kamu dan mulailah hitung mulai dari ujung atas jari telunjuk yang tertekuk. Dulu, Ibu Guru mengajarkan ini di bangku SD dan terbukti ampuh mandraguna hingga sekarang.

2. Hafalan desimal

Hafalan desimal/Instagram

Hafalan bentuk angka desimal bisa sangat mengesalkan karena ragamnya yang sangat banyak. Cara termudah adalah dengan menjadikannya kalimat mudah yang diawali dengan bentuk Romawi yang dimaksud; M (1,000), D (500), C (100), L (50), X (10), V (5), I (1).

3. Ukuran panjang

Ukuran panjang/brightside.me

Jika kamu butuh mengukur sesuatu tapi tanpa bantuan penggaris, maka inilah trik termudahnya. Panjang antara jempol hingga ujung telunjuk adalah 18 cm sedangkan satu jengkal penuh sama dengan 20 cm.

Oke teknik ini memang tidak akurat seutuhnya karena tergantung dengan panjang jemari seseorang. Tapi ini cukup berguna untuk pengukuran yang sederhana saja.

4. Sudut

Ukuran sudut/Brightside.me

Ini berhubungan dengan sudut yang lekat dengan matematika. Rentangkan jauh-jauh jari kamu dan Voila! Terciptalah lima jenis sudut yang kamu butuhkan.

Cari Artikel Lainnya