Home » Kongkow » WOW » Menangis Bisa Turunkan Berat Badan, Kabar Baik atau Buruk?

Menangis Bisa Turunkan Berat Badan, Kabar Baik atau Buruk?

- Sabtu, 08 Agustus 2020 | 14:00 WIB
Menangis Bisa Turunkan Berat Badan, Kabar Baik atau Buruk?

www.pexels.com

Salah satu pencarian yang paling populer di mesin pencarian Google atau di platform video Youtube adalah cara menurunkan berat badan. Jika jadi salah satunya, kamu tahu betul bahwa ada banyak sekali cara menurunkan berat badan. Mulai dari tips olahraga, mengatur pola makan, hingga aturan aneh yang tidak terbayangkan sebelumnya.

Salah satu hal aneh yang bisa menurunkan berat badan adalah menangis. Memang mengejutkan, tapi begitulah menurut penelitian yang ada. Menangis bisa membantu seseorang yang ingin menurunkan berat badannya. Tapi, bagaimana caranya?

1. Apa kata dokter?

stocksnap.io

Dokter Aaron Neufeld dari Los Altos Optometric Group mengungkapkan ada tiga jenis air mata yang disebut air mata basal, reflex, dan psikis. Air mata basal dianggap sebagai air mata fungsional dasar karena bertugas membuat mata jadi lembap.

Air mata refleks atau disebut juga sebagai air mata iritasi disebabkan oleh stresor lingkungan seperti embusan angin, asap, atau debu. Sementara air mata psikis adalah air mata yang keluar terkait dengan perasaan dan emosi seseorang.

2. Menurut penelitian terbaru

stocksnap.io

Sebuah studi baru-baru ini menunjukkan bahwa tangisan emosional akan membantu seseorang menurunkan berat badannya. Hal ini bisa terjadi karena berkaitan dengan hormon yang meningkatkan kadar kortisol yang diinduksi ketika orang tersebut menyimpan emosi.

Tidak cuma itu, air mata yang keluar saat sedang merasa stres bisa menghilangkan banyak zat beracun dari tubuh. Hal ini membuktikan bahwa menangis adalah sebuah proses ekskretoris yang bisa menghilangkan zat racun dari tubuh yang menumpuk saat merasa emosional.

3. Harus tangisan emosional

stocksnap.io

Jika ingin mendapatkan manfaat menurunkan berat badan, satu-satunya tangisan yang efektif adalah tangisan yang disebabkan oleh masalah emosional. Selain itu, ilmuwan juga menyarankan waktu yang tepat untuk menangis dimulai dari pukul 19.00-22.00 karena jadi waktu terbaik untuk bisa menangis.

Jangan dulu beranggapan kalau kamu adalah orang yang cengeng gara-gara mudah menangis saat nonton film Korea atau film sedih lainnya. Menangis adalah reaksi alamiah saat seseorang merasa sakit, sedih, bahagia, atau stres. Semua orang berhak menangis, termasuk laki-laki.

4. Siapa saja bisa menangis

stocksnap.io

Di Indonesia, laki-laki seringkali dianggap lemah jika menangis. Sejak kecil, laki-laki dilarang menangis karena ini adalah simbol lemah dan ketidakberdayaan. Selain itu, menangis juga diidentikkan dengan karakter perempuan yang lemah dan berhati lembut.

Padahal, siapa saja bisa menangis. Hati yang lembut, lemah, ketidakberdayaan, dan sebagainya, tidak ada kaitannya sama sekali dengan jenis kelamin dan gender. Semua itu berkaitan dengan lingkungan sosial yang membentuknya.

Mungkin menangis memang benar-benar bisa membantu seseorang untuk menurunkan berat badannya, tapi tentu tidak akan signifikan. Jika menangis bisa menurunkan berat badan secara signifikan, maka kebanyakan laki-laki di Indonesia tidak akan ada yang kurus.

Cari Artikel Lainnya