Home » Kongkow » Tips & Trik » Tips Mengembalikan File yang Terhapus Dari Komputer

Tips Mengembalikan File yang Terhapus Dari Komputer

- Senin, 16 September 2019 | 11:10 WIB
Tips Mengembalikan File yang Terhapus Dari Komputer

Mungkin kalian akan merasa kesal atau marah jika tiba-tiba file penting yang berada di komputermu tidak nampak wujudnya, alias terhapus. File bisa terhapus karena 2 hal, pertama karena tidak disengaja dan kedua karena virus. Kalau sudah begini, pastinya rasa panik secara tidak langsung akan muncul dan mulai menghantuimu. Tetapi kalau ada yang sudah paham bagaimana cara mengembalikan file komputer yang hilang, tentu kejadian seperti terhapusnya file bukan lagi mimpi buruk bagi mereka.

Namun akan berbeda ceritanya jika ada  yang belum paham cara mengembalikan file komputer. Pasti mereka akan ketar-ketir dan dicampur rasa was-was. Tenang! Kalau masih ada yang belum mengerti, kali ini  akan membagikan tips mendapatkan kembali file komputer yang terhapus untukmu.

Tips Mendapatkan Kembali File Komputer yang Terhapus

Kalau sudah hidup di era modern,  sebetulnya tidak perlu khawatir lagi. Untuk mengembalikan file yang terhapus di komputer bukanlah perkara yang sulit saat ini, dikarenakan teknologi sudah semakin berkembang dan canggih. File penting yang sebelumnya ada di komputermu itu pada dasarnya tidak betul-betul menghilang. Kamu bisa mencoba beberapa hal yang akan di jelaskan di bawah ini, agar file pentingmu kembali seperti semula.

1. Lihat Folder Recycle Bin

Tips Mengembalikan File yang Terhapus Dari Komputer - recycle bin

Ketika file di komputermu terhapus, sebetulnya file tersebut tidak benar-benar menghilang. Windows masih menampung data-datanya di dalam folder yang bernama Recycle Bin. Buat belum tahu, Recycle Bin ialah fitur bawaan Windows yang sudah terpasang secara otomatis di dalam PC atau laptop.

Folder Recycle Bin berisikan kumpulan data yang terhapus. Apabila datamu masih ada di Recycle Bin, maka kamu hanya perlu klik kanan dan pilih opsi Restore. Data kamu akan kembali seperti sedia kala dan bisa digunakan kembali.

2. Piriform Recuva

Tips Mengembalikan File yang Terhapus Dari Komputer - recuva

Aplikasi Piriform Recuva hadir dengan tampilan atau grafis yang simpel, sehingga pengguna dapat memahaminya dengan mudah. Ketika membuka aplikasi ini, kamu akan diarahkan ke tampilan Recovery Wizard. Selanjutnya akan diberikan beragam opsi jenis file yang ingin dikembalikan, seperti gambar, file terkompresi, dokumen, atau file lainnya. Jika kamu sudah memilih jenis filenya, maka secara otomatis aplikasi ini akan langsung mencarikan file tersebut.

Bahkan, Piriform Recuva dapat manfaatkan untuk melakukan “Deep Scan” dan memerintahkan aplikasi ini juga untuk menemukan file yang terhapus. Jika file tersebut berhasil ditemukan, maka aplikasi ini pun akan memperlihatkan semua file yang bisa dikembalikan.

3. PC Inspector File Recovery

Tips Mengembalikan File yang Terhapus Dari Komputer - PC Inspector File Recovery

Aplikasi selanjutnya yang dapat di coba untuk mengembalikan file yang terhapus adalah PC Inspector File Recovery. Ikuti langkah-langkah penggunaan aplikasinya sebagai berikut:

  • Instal aplikasi PC Inspector File Recovery di website resminya
  • Setelah terunduh di PC, bukalah dan kemudian kamu akan dihadapkan pada bagian dashboard
  • Pilihlah opsi “Recover Deleted Files”, kemudian lanjutkan dengan memilih opsi “Select Logical Drive”
  • Kemudian kamu akan dihadapkan ke daftar drive, pilihlah disk dimana file kamu hilang, setelah itu tap centang hijau untuk melanjutkan proses scanning
  • Tunggu hingga proses scan selesai
  • Cek status file, apabila bertuliskan “Good” maka file yang terhapus masih aman dan bisa dikembalikan secara utuh
  • Klik kanan pada file yang ingin kamu kembalikan tersebut dan dilanjutkan dengan klik “Save to”
  • Pilihlah lokasi penyimpanan file dan lanjutkan dengan klik OK
  • Tunggu hingga proses restore file selesai

4. DMDE Free Edition

Tips Mengembalikan File yang Terhapus Dari Komputer - DMDE

Selain Piriform Recuva, aplikasi yang juga menyediakan fitur “recovery file” untuk mengembalikan file yang terhapus adalah DMDE. Istimewanya, DMDE mampu mengembalikan file dari drive yang berukuran luas, yakni 2TB. Cara kerja aplikasi ini pun sebenarnya cukup rumit, sehingga tidak sembarang orang yang mampu mengoperasikannya. Dapat memerintahkan aplikasi ini untuk mengidentifikasi seluruh partisi dengan opsi yang jelas dan kamu dapat memilih drive dimana kamu menyimpan file tersebut.

Dibalik segala kelebihannya, nyatanya kamu ada pula beberapa kelemahan yang akan kamu temui pada aplikasi ini. Selain tampilan dan graphics user interface yang cukup rumit, ada batasannya juga jika kamu ingin melakukan Recovery File, dikarenakan sifatnya yang gratis (Free). Kalau ingin fitur yang lengkap tanpa adanya batasan, maka kamu harus update DMDE ke versi yang Standard atau Express.

5. Stellar Phoenix

Tips Mengembalikan File yang Terhapus Dari Komputer - Stellar Phoenix

Aplikasi Stelar Phoenix merupakan salah satu aplikasi recovery file yang penggunaannya terbilang sangat mudah. Menariknya, aplikasi ini mampu mengembalikan data yang terhapus dari folder dengan jumlah yang banyak atau hanya file-file tertentu saja. Bahkan, selain dari data hard disk, Stellar Phoenix sanggup mengembalikan data dari CD, DVD, SD Card, hingga USB Drive. Beberapa jenis file yang dapat di recovery aplikasi ini diantaranya berbagai jenis dokumen, musik, video, gambar, file arsip, dan database.

6. MiniTool Partition Recovery

Tips Mengembalikan File yang Terhapus Dari Komputer - Minitool

Satu lagi aplikasi yang bagus untuk mengembalikan data yang terhapus dari komputer, yaitu MiniTool Partiton Recovery. Sebagai seorang pemula, aplikasi ini akan sangat cocok untukmu. Dikarenakan, aplikasi ini hadir dengan tampilan yang sangat bersahabat dan sekaligus dilengkapi dengan panduan yang lengkap.

Selain pada hard disk, aplikasi MiniTool bisa gunakan untuk mengembalikan file yang hilang pada email, CD, ataupun drive lainnya. Aplikasi ini pun juga bersahabat dengan PC yang mengusung OS Windows 2000, Vista, XP, WindowS 7 dan 8.

Bagaimana ? Jadi kamu sudah paham ya bagaimana cara mengembalikan file komputer yang hilang. Tidak perlu kebingungan lagi kalau sewaktu-waktu datamu menghilang. Cukup ikuti saja tips-tips yang sudah bagikan padamu.

Cari Artikel Lainnya