Home » Kongkow » Kesehatan » 9 Manfaat Tanaman Adam Hawa bagi kesehatan tubuh

9 Manfaat Tanaman Adam Hawa bagi kesehatan tubuh

- Selasa, 29 September 2020 | 14:00 WIB
9 Manfaat Tanaman Adam Hawa bagi kesehatan tubuh

Anda mungkin asing dengan nama tanaman yang satu ini, namun apabila anda sudah melihat bentuknya maka anda pasti sudah pernah melihat sebelumnya. Tanaman adam hawa sering menjadi salah satu tanaman hias yang menghiasi rumah atau kantor. Tanpa banyak diketahui manfaat tanaman adam hawa sangat berlimpah bagi kesehatan tubuh. Anda mungkin tak pernah menganggap tanaman ini akan berguna untuk kesehatan, namun nyatanya tumbuhan adam hawa memiliki berbagai kandungan zat yang dibutuhkan oleh tubuh untuk membantu mengatasi berbagai macam penyakit dan mencegah tubuh terhindar dari berbagai penyakit.

Tanaman adam hawa merupakan tanaman yang berasal dari daratan amerika tengah, tanaman ini memiliki bentuk seperti tanaman lidah mertua. Memiliki warna hijau gelap pada daun bagian atas dan warna ungu pada daun bagian bawahnya. Membudidayakan tanaman ini cukup mudah karena pertumbuhannya juga mudah. Tanaman adam hawa memiliki beragam manfaat kesehatan bagi tubuh. Berikut manfaat tanaman adam hawa bagi kesehatan tubuh yang wajib anda ketahui.

  1. Pengobatan Penyakit Bronkitis

Bagi anda yang menderita penyakit Bronkitis pengobatan menggunakan tanaman adam hawa bisa anda coba lakukan. Tanaman adam hawa memiliki khasiat membantu menyembuhkan penyakit bronkitis. Cara mengobati penyakit bronkitis menggunakan tanaman adam hawa adalah memanfaatkan air rebusan tanaman adam hawa. Minum air rebusan tanaman adam hawa secara rutin agar penyakit bronkitis anda segera sembuh.

  1. Menyembuhkan Batuk Berdarah

Penyakit batuk berdarah sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh, penanganan secara cepat dan intensif perlu dilakukan untuk menyembuhkannya. Salah satu cara alami yang bisa anda gunakan untuk mengobati penyakit batuk berdarah adalah memanfaatkan tanaman adam hawa. Kandungan tanaman adam hawa dipercaya mampu membantu meredakan batuk berdarah, minum air rebusan daun tanaman adam hawa agar batuk berdarah anda segera teratasi.

  1. Menyembuhkan Disentri

Penyakit pencernaan ini sangat mengganggu kesehatan anda, disentri dapat membuat perut terasa sangat sakit dan menyebabkan diare yang berdarah. Salah satu pengobatan yang bisa anda lakukan adalah menggunakan tanaman adam hawa. Tanaman adam hawa memiliki khasiat untuk membantu mengatasi penyakit disentri.

  1. Obat Diare

Tak hanya mengobati disentri, manfaat tanaman adam hawa juga membantu menyembuhkan penyakit diare. Kandungan zat yang ada pada daun adam hawa dipercaya mampu mengurangi intensitas buang air besar dan menyembuhkan diare anda. Cukup minum air rebusan daun tanaman adam hawa secara rutin hingga diare anda benar-benar sembuh.

  1. Mengobati Anemia

Manfaat tanaman adam hawa berikutnya adalah membantu mengobati penyakit anemia, anemia atau kekurangan darah membuat tubuh terasa lemas hal ini menyebabkan anda terganggu dalam aktivitas kerja. Anda tak perlu khawatir, tanaman adam hawa dapat menjadi solusi untuk mengatasi penyakit anemia secara alami tanpa harus konsumsi suplemen tambah darah buatan.

  1. Mengatasi Nyeri Sendi

Bagi anda yang sering mengalami gangguan nyeri sendi atau rematik, tanaman adam hawa dapat menjadi salah satu solusi penyembuhan. Anda bisa memanfaatkan khasiat tanaman adam hawa ini dengan menggunakan daun adam hawa yang dipanaskan hingga layu kemudian tempel pada bagian tubuh yang mengalami nyeri sendi atau rematik, ikat menggunakan kain agar tidak mudah terlepas. Tunggu hingga nyeri sendi atau rematik pada tubuh anda reda dan hilang.

  1. Pencegahan Tumor

Tumor adalah penyakit berbahaya bagi kesehatan tubuh, agar terhindar dari penyakit ini anda dapat melakukan upaya pencegahan yang efektif. Salah satu upaya pencegahan alami yang bisa anda lakukan adalah memanfaatkan tanaman adam hawa. Tanaman adam hawa mempunyai zat yang dipercaya mampu mencegah tumbuhnya tumor dalam tubuh.

  1. Menghentikan Pendarahan Luka

Luka yang mengakibatkan pendarahan dapat anda atasi dengan menggunakan tanaman adam hawa. Apabila anda sulit menemukan obat bagi pendarahan luka, tanaman adam hawa dapat menjadi alternatif menghentikan pendarahan luar akibat luka. Anda bisa memanfaatkan tanaman adam hawa sebagai penghenti luka pendarahan dengan menumbuk daun adam hawa lalu membalurkannya pada luka yang mengalami pendarahan.

  1. Sumber Antioksidan Tinggi

Selain dapat mengobati dan mencegah berbagai penyakit, tanaman adam hawa merupakan sumber antioksidan yang tinggi bagi tubuh. Manfaat antioksidan bagi tubuh sangat besar diantaranya mampu meningkatkan daya tahan tubuh agar tak mudah sakit. Menggunakan sumber antioksidan alami jauh memberikan manfaat lebih besar daripada sumber antioksidan dari suplemen atau obat dan tentunya minim risiko untuk kesehatan tubuh.

Manfaat tanaman adam hawa bagi kesehatan tubuh sangat berlimpah, tanaman ini dapat mudah kita jumpai di lingkungan sekitar kita. Bagi anda yang ingin menggunakan tanaman adam hawa untuk pengobatan penyakit dalam lebih baik berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Walaupun tanaman adam hawa memiliki banyak manfaat untuk kesehatan namun perlu diperhatikan bahwa getah tanaman ini juga dapat menyebabkan gangguan kesehatan yang lain. Agar bisa mendapatkan manfaat yang optimal dan menekan risiko seminimal mungkin tak ada salahnya anda belajar cara mengolah dan mengkonsumsi tanaman adam hawa sehingga mendapatkan olahan aman dan bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Cari Artikel Lainnya