Home » Kongkow » Tips & Trik » Jenuh dengan Skripsi? Yuk Lakukan 6 Kegiatan Ini

Jenuh dengan Skripsi? Yuk Lakukan 6 Kegiatan Ini

- Kamis, 04 Oktober 2018 | 11:00 WIB
Jenuh dengan Skripsi? Yuk Lakukan 6 Kegiatan Ini

Masih dipusingkan oleh skripsi? Melihat satu persatu teman berhasil menyelesaikan tugas akhir terkadang membuat motivasi yang tadinya hilang kembali bangkit. Namun, saat di tengah perjalanan untuk sampai pada tahap akhir ada saja hal-hal yang mengganggu

Misalnya saja tidak fokus, kehilangan mood, hingga seperti stress yang kamu alami ini. Eits, tapi jangan menyerah dulu, atasi dengan melakukan ini!

1. Olahraga

Selain membuat tubuh sehat, penelitian membuktikan bahwa berolahraga dapat menciptakan perasaan bahagia, rileks dan segar. Olahraga akan membuat racun-racun yang ada di tubuh keluar melalui keringat dan menciptakan perasaan bahagia.

Selain itu, beban pikiran yang ada di pikiran kita akan berkurang dan terganti dengan efek bahagia setelah berolahraga dan stress karena skripsi akan hilang.

2. Liburan

Berlibur adalah hal yang menyenangkan. Menghabiskan waktu dengan perasaan gembira bersama teman atau keluarga. Atau, kamu juga bisa memilih untuk berlibur seorang diri (solo traveller) yang lebih menantang. Berlibur juga membuat jiwa dan raga lebih sehat karena pikiran akan kembali segar.

Mendatangi berbagai tempat yang indah dan belum dikunjungi sebelumnya adalah hal asyik yang bisa  dilakukan. Selama berlibur, kamu akan menemukan hal-hal baru dan menikmati suasana baru. So, kamu stress skripsian? Maka berliburlah, kawan!

3. Menulis

Kegiatan menulis seringkali dianggap sebagai suatu hal yang sebelah mata. Padahal, banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan menulis, salah satunya adalah bahagia. Dengan menuliskan apa pun yang kamu alami dan rasakan (termasuk drama skripsian), perasaan bahagia dan lega akan timbul karena telah menuangkan seluruh pikiran dan perasaan yang dialami.

Dengan begitu, beban pikiran yang membuat stress akibat badai skripsi, sedikit demi sedikit akan berkurang karena kita telah melampiaskannya dalam bentuk tulisan.

4. Me time

Menikmati waktu untuk diri sendiri adalah hal yang dapat dilakukan ketika stress skripsi datang melanda. Ini berarti memberi waktu untuk diri sendiri menikmati sesuatu. Banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk ‘me time’, contohnya : membaca, mendengarkan lagu,  menyiram tanaman, ngopi, menonton TV, dll. Yang terpenting adalah kamu memberi ruang bagi dirimu sendiri untuk menikmati waktu yang ada.

5. Membuka media sosial

Sosial media bukan hal yang asing lagi bagi anak muda. Hampir dari mereka memiliki lebih dari satu akun media sosial. Fungsinya? Bersosialisasi atau bahkan untuk sekedar menunjukkan eksistensi diri.

Banyak informasi yang bisa didapat dari sosial media, seperti informasi dari artikel yang menarik, mengetahui perkembangan dan isu terkini, mengetahui kabar terbaru dari orang yang dikenal. Dengan begitu, pikiran akan lebih terbuka dan tidak stagnan lagi sehingga srtress skripsi yang ada dapat hilang seketika.

6. Pelukan dari orang-orang tersayang

Tak disangka, pelukan yang kita rasakan dari orang-orang tersayang dapat menurunkan tingkat stress yang ada. Berpelukan memberikan efek bahagia, nyaman, merasa dicintai dan melepaskan hormon-hormon negatif yang ada di tubuh.

Tubuh akan merespon perasaan-perasaan positif yang ditimbulkan dari efek berpelukan. Dengan begitu, perasaan bahagia akan didapat dan stress pun akan berkurang. Pastinya semangat untuk pantang menyerah dari orang-orang tersayang juga akan didapatkan untuk segera menyelesaikan skripsi, bukan?

Apakah cukup mudah dan menarik? Yuk, coba lakukan dan terapkan. Semoga stressmu tak berkepanjangan, sehingga berswafoto ria pakai toga bisa segera terealisasikan.

Cari Artikel Lainnya