Home » Kongkow » Tips & Trik » Lulus SMA Bingung Cari Kerja? Coba 7 Pekerjaan Ini!

Lulus SMA Bingung Cari Kerja? Coba 7 Pekerjaan Ini!

- Selasa, 16 Oktober 2018 | 10:20 WIB
Lulus SMA Bingung Cari Kerja? Coba 7 Pekerjaan Ini!

Kamu lulusan SMA tapi ingin terjun ke dunia kerja sebelum menempuh pendidikan di jenjang yang lebih tinggi? Berikut lowongan kerja untuk lulusan SMA yang bisa kamu jadikan pilihan.

1. Customer Services

Salah satu pekerjaan yang bisa kamu tempuh adalah customer services. Hampir setiap perusahaan membutuhkan tenaga customer services untuk membantu klien atau pelanggan mereka.

Selain bisa memberimu penghasilan untuk kehidupan sehari-hari, pekerjaan ini juga akan mengasah kemampuan berkomunikasi kamu. Kamu akan belajar berbagai cara berkomunikasi karena berhubungan dengan klien dan pelanggan yang berbeda-beda. Tidak hanya itu, kamu juga bisa meningkatkan kemampuan memecahkan masalah kamu dengan menekuni profesi ini. Seorang customer services selalu dituntut untuk bisa memecahkan permasalahan yang dialami para pelanggan dengan cepat.

2. Data Input

Meng-input atau memasukan data mungkin terdengar mudah, hanya perlu membaca dan mengetiknya kembali. Eits, jangan salah Sobat, pekerjaan ini ternyata cukup sulit.

Pertama, pekerjaan ini membutuhkan ketelitian tinggi. Salah sedikit saja bisa berpengaruh pada perusahaan atau klien, tergantung pada data yang kamu masukan. Teliti saja belum cukup untuk menjadikan kamu seorang data input yang handal. Kamu harus bekerja ekstra cepat. Umumnya, seseorang yang bertugas memasukkan data akan diberi target tertentu seperti jumlah minimal data yang harus mereka masukan setiap hari atau minggu.

3. Tutor

Ilmu pengetahuan-mu masih fresh? Masih ingat dengan penjelasan guru SMA kamu di kelas atau bahkan penjelasan guru SMP kamu?

Manfaatkan hal ini untuk karier kamu. Kamu bisa berkarier sebagai seorang tutor atau guru bimbingan belajar. Jika kamu tertarik untuk menjadi seorang tutor, kamu dapat mendaftarkan diri di berbagai tempat bimbingan belajar atau menjadi lowongan tutor pribadi.

4. Freelancer

Untuk kamu yang lebih suka bekerja di rumah, freelancer adalah profesi yang tepat untuk kamu jalani. Selain waktu dan tempat, kamu juga bisa menentukan sendiri biaya jasa yang kamu tawarkan. Jenis pekerjaannya pun dapat kamu sesuaikan dengan minatmu. Berikut beberapa jenis pekerjaan freelance yang bisa jadi pilihan kamu: penulis, editor, web designer, data input, translator. Adakah yang sesuai dengan kegemaranmu?

5. Online Shop

Di era digital ini, hampir semua hal dapat dilakukan secara online, termasuk belanja. Minat masyarakat Indonesia untuk berbelanja online bisa dibilang cukup tinggi. Hal ini didukung oleh hasil analisis Digital Landscape Indonesia yang mengungkap bahwa 40% warga Indonesia membeli produk dan jasa secara online.

Dengan alasan itulah, kamu yang suka berbisnis patut mencoba usaha online shop. Ada berbagai macam produk yang bisa kamu jual seperti aksesoris, notebook, karangan bunga, bahkan makanan. Kamu cukup cari tahu apa yang banyak dibutuhkan oleh masyarakat di luar sana dan sesuaikan dengan minat kamu. Caranya? Kamu bisa bertanya pada teman-temanmu atau melakukan research di media sosial.

6. Asisten Dokter Gigi

Kamu bercita-cita menjadi seorang dokter? Lowongan kerja untuk lulusan SMA ini akan sangat bermanfaat untuk bantu kamu menggapai cita-cita. Bermodalkan pengetahuan mengenai gigi, tanpa gelar sarjana pun kamu bisa menjadi asisten dokter gigi.

Sebagai asisten, tugasmu adalah membantu memenuhi kebutuhan dokter tersebut yang berkaitan dengan pekerjaannya. Dengan menjadi asisten dokter gigi, pengetahuan kamu mengenai kesehatan gigi pun akan bertambah. Pengetahuan ini akan sangat membantumu jika suatu hari meneruskan pendidikan ke jenjang lebih tinggi.

7. Asisten Pilot

Di bagian kru penerbangan ternyata ada juga yang merupakan lowongan kerja untuk lulusan SMA, lho. Lowongan tersebut adalah lowongan untuk posisi asisten pilot. Posisi ini umumnya menerima kandidat yang merupakan lulusan SMA jurusan IPA.

Untuk bisa menjadi asisten pilot, atau bahkan pilot, kamu akan menerima sejumlah pelatihan khusus. Lamanya pelatihan yang diselenggarakan tergantung dari jenis pesawat yang akan kamu terbangkan nantinya.

Lowongan kerja untuk lulusan SMA mana yang cocok untuk kamu?

Cari Artikel Lainnya