Home » Kongkow » Materi » Manfaat Dan Fungsi Karbondioksida Untuk Pertumbuhan Tumbuhan

Manfaat Dan Fungsi Karbondioksida Untuk Pertumbuhan Tumbuhan

- Sabtu, 24 November 2018 | 11:10 WIB
Manfaat Dan Fungsi Karbondioksida Untuk Pertumbuhan Tumbuhan

Bagi kehidupan manusia, karbondioksida merupakan zat yang mana merupakan sampah dari hasil oksigen yang telah dihirup oleh manusia. Atau dengan kata lain karbondioksida ini merupakan racun bagi kehidupan manusia. Namun hal ini tentu saja berbeda bagi tumbuhan. Bagi kehidupan tumbuhan, karbondioksida ini memiliki peran yang penting juga.

Tanpa adanya karbondioksida ini maka bisa dikatakan tumbuhan akan mengalami kematian. Bisa dikatakan juga bahwa karbondioksida ini dijadikan sebagai oksigennya para tumbuhan yang mana tanpa adanya karbondioksida maka tumbuhan tidak dapat bernafas dengan baik. Bagi tanaman atau tumbuhan ini karbondioksida memiliki fungsi yang dapat membantu kerja aktif dari akar yang ada pada tumbuhan tersebut.

Tidak hanya pada bagian akar, karbondioksida ini juga masih memiliki fungsi dan manfaat yang akan memengaruhi pertumbuhan tanaman ini. Dengan adanya karbondioksida ini juga proses salinitas tanah pada tumbuhan yang biasanya terjadi akan berkurang. Bahkan polusi udara yang biasanya akan merusak tanaman juga akan mudah diserap oleh karbondioksida sehingga tumbuhan tidak akan mudah mati karena gangguan polusi udara tersebut.

Proses produktivitas vetatif pada tumbuhan akan menjadi lebih baik dengan adanya karbindioksida ini. tak ayal adanya karbondioksida ini menjadi penolong bagi kehidupan tumbuhan pada umumnya. Tanpa adanya karbondioksida maka silkus kehidupan pada tumbuhan akan menjadi lebih buruk dan tumbuhan pun akan cepat rusak dan mati pada akhirnya.

Cari Artikel Lainnya