Home » Kongkow » Tips & Trik » Sebelum Liburan Semester, Bereskan Dulu 5 Urusan Ini

Sebelum Liburan Semester, Bereskan Dulu 5 Urusan Ini

- Sabtu, 07 April 2018 | 13:00 WIB
Sebelum Liburan Semester, Bereskan Dulu 5 Urusan Ini

Apa yang paling dinanti-nanti mahasiswa saat jenuh kuliah? Pasti liburan dong! Apalagi masa liburan semester cukup panjang sekitar 3-4 minggu, tergantung kebijakan universitas.

Bagi kamu yang anak rantau, liburan semester bisa digunakan untuk menikmati suasana di kampung halaman. Bermalas-malasan, makan masakan ibu, atau kumpul bareng teman lama. Tapi ada juga yang memilih berlibur ke tempat wisata untuk melepas penat.

Biar liburanmu tenang, 5 urusan di bawah ini perlu dibereskan terlebih dahulu. Dijamin gak akan ada gangguan selama menikmati liburan!

1. Awas kena denda, balikin dulu buku-buku pinjaman perpustakaan

Sebelum Liburan Semester, Bereskan Dulu 5 Urusan Ini

Harga diktat kuliah yang asli biasanya selangit. Beli bajakan tentu sangat tidak terpuji. Mau foto copy pun biasanya sayang, karena gak semua bagian dibutuhin. Solusinya adalah meninjam saja di perpustakaan kampus, selama buku yang kamu cari ada di sana.

Namanya gratisan suka bikin keenakan ya? Sebelum liburan semester cek dulu apakah ada buku-buku pinjaman yang belum kamu kembalikan. Gak lucu dong setelah enak-enak liburan harus bayar denda keterlambatan.

2. Bereskan urusan administrasi biar gak kena ‘teror’ saat liburan

Sebelum Liburan Semester, Bereskan Dulu 5 Urusan Ini

Di akhir semester biasanya ada beberapa administrasi yang perlu kamu bereskan. Mulai dari pembayaran untuk kuliah berikutnya, pengumpulan laporan praktikum, mengisi lembar evaluasi dan lain-lain.

Pastikan semua administrasi sudah beres sebelum pulang ke kampung halaman atau berangkat liburan. Jangan sampai keseruanmu berlibur diganggu oleh ‘teror’ dari kampus.

3. Tumpukan kertas dan buku sudah menggunung nih!

Sebelum Liburan Semester, Bereskan Dulu 5 Urusan Ini

Dalam satu semester, kamu pasti menghasilkan tumpukan kertas dan buku yang cukup memenuhi kamar kos. Foto copy catatan teman, kertas tugas, bahkan mungkin contekan. Ups, yang terakhir jangan ditiru ya!

Nah, sebelum liburan panjang bereskan dulu kertas dan bukumu. Pisahkan yang sekiranya masih terpakai untuk semester depan, atau kamu berniat mengulang mata kuliah tersebut.

Sisanya bisa kamu tawarkan ke adik tingkat, siapa tahu ada yang membutuhkan. Untuk kertas coret-coretan yang gak terpakai, tawarkan ke warung angkringan. Siapa tahu bermanfaat untuk bungkus nasi.

4. Semester depan mau ambil mata kuliah apa saja ya?

Sebelum Liburan Semester, Bereskan Dulu 5 Urusan Ini

Merencanakan kuliah semester depan gak harus nunggu liburan habis lho! Malah biasanya pengisian KRS harus dilakukan di tengah liburan. Jadi lebih baik kamu mencari tahu dulu mata kuliah apa saja yang tersedia untuk semester depan.

Prioritaskan mata kuliah wajib, lalu cari mata kuliah pilihan yang sesuai minatmu. Bisa juga janjian dengan teman dekat, biar bisa sekelas dan kuliah pun tambah semangat.

5. Kamar kos yang kotor selama liburan bisa jadi sarang hantu, hii!

Sebelum Liburan Semester, Bereskan Dulu 5 Urusan Ini

Pernah dengar mitos ini belum, ruangan yang dibiarkan kosong dalam keadaan kotor selama beberapa waktu bisa jadi sarang hantu? Selama liburan, kamu akan meninggalkan kamar kos. Kalau dibiarkan kotor, bisa-bisa balik liburan disambut hantu. Hiii...

Mungkin itu cuma mitos, tapi fakta yang satu ini perlu kamu pertimbangkan. Tempat kotor bisa menjadi sarang tikus, kecoa, dan menimbulkan penyakit. Jadi ada baiknya bereskan dulu kamarmu, agar saat kembali nanti lebih nyaman dan santai.

Nah, pastikan kamu terapkan 5 hal di atas ya sebelum meninggalkan kampus buat liburan.

Cari Artikel Lainnya