Kuis
4 months 'ago'
Ternyata, Sekolah Ini Tak Upacara Bendera Selama 5 Tahun

SMPN 1 waris, di Distrik Waris, Kabupaten Keerom, Provinsi Papua, tidak pernah menyelenggarakan upacara bendera dalam lima tahun terakhir ini.

Pasalnya, SMPN 1 Waris sendiri hanya memiliki 3 orang tenaga pendidik atau guru, 1 orang kepala sekolah, 1 orang tata usaha dan 1 orang penjaga sekolah.  Sementara itu untuk jumlah peserta didik/murid di SMPN 1 Waris berjumlah 82 orang, namun untuk tingkat kehadiran siswa setiap harinya tidak lebih dari 30 orang.

Untuk itu Satgas Yonif 121/Macan Kumbang merasa memiliki tanggung jawab moral, untuk menghidupkan dan memulai kembali upacara bendera yang selama ini tidak dilaksanakan.

"Senin (12/3/2018) kemarin, untuk pertama kalinya upacara bendera di SMPN 1 Waris, kembali dilaksanakan," kata Komandan Satgas Pamtas RI PNG Yonif 121/MK, Mayor Inf Imir Faishal, ketika dihubungi rilis.id di Jakarta, Selasa (13/3/2018).

Imir Faishal yang saat upacara bendera didaulat menjadi pembina upacara, menyampaikan amanatnya kepada siswa, di antaranya kedisiplinan dan kesabaran, menumbuhkan rasa cinta tanah air, menanamkan jiwa nasionalisme dan menghormati jasa para pahlawan.

"Dengan demikian apabila keempat hal tersebut dapat dilaksanakan oleh anak-anak didik niscaya para siswa ini dapat berguna bagi nusa dan bangsa untuk melanjutkan perjuangan para pahlawan kita yang telah merelakan jiwa raganya demi kemerdekaan Indonesia," katanya.

Ia melanjutkan, Satgas Pamtas RI PNG Yonif 121/MK selain bertugas menjaga perbatasan negara juga melaksanakan tugas teritorial, di mana tugas teritorial ini bersentuhan dan berinteraksi langsung dengan masyarakat.

"Membantu melaksanakan upacara bendera menjadi salah satu dari tugas teritorial Satgas Pamtas  Yonif 121/MK ini," kata Imir Faishal. Upacara bendera tersebut dipimpin oleh pembina upacara yaitu Komandan Pos (Danpos) Kalibom Satgas Pamtas Yonif 121/MK, Letda Inf Elyas Yakub.

Kepala sekolah SMPN 1 Waris, Bakri, mengakui sekolah yang dipimpinnya mulai tahun 2012 hingga sekarang tahun 2018 tidak pernah menyelenggarakan upacara bendera.

Bakri juga berterimakasih kepada pihak Satgas Yonif 121/MK, yang telah mau bekerja sama untuk melaksanakan upacara di SMPN 1 Waris. Ia berharap ke depannya, satuan tugas yang akan datang bisa seperti Satgas Yonif 121/MK mau bekerja sama dan membantu pihak sekolah.

“Alhamdullilah kita telah laksanakan upacara yang selama ini tidak pernah jadi dari 2012 sampai 2018 baru pertama kali ini jadi sekitar lima tahun lebih kami tidak upacara. Sekarang, berkat kerja sama Satgas Pamtas, upacara bisa dilaksanakan," ungkap Bakri.

sumber : http://rilis.id/ternyata-sekolah-ini-tak-upacara-benderaselama-5-tahun

utakatikotak
0
utakatikotak
61
Bagikan