Berita
List
Daftar
0



7 years 'ago'
Dunia Hijau Bebas Polusi
Oleh : Warnoto, S.Pd, M.Pd

Dunia hijau bebas dari polusi merupakan habitat yang paling ideal bagi makhluk hidup yang ada di bumi. Manusia sebagai makhluk ciptaan Tuhan yang paling sempurna sudah sepantasnya memelihara keberlangsungan ekosistem, tidak saja hanya mengeksploitasi sumber dayanya atau bahkan merusaknya.

Adiwiyata adalah program yang diharapkan mampu mendorong dan membentuk sekolah-sekolah di Indonesia agar dapat turut melaksanakan upaya pemerintah menuju pelestarian lingkungan dan pembangunan berkelanjutan bagi kepentingan generasi sekarang maupun yang akan datang.

Prinsip dasar Adiwiyata adalah partisipatif dan berkelanjutan. Oleh karena itu diharapkan seluruh warga SMKN 3 Probolinggo, tanpa kecuali, ikut terlibat dalam keterlaksanaan program Adiwiyata dari proses perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi sesuai tanggung jawab dan peran. Seluruh kegiatan harus dilakukan secara terencana, terus menerus dan komprehensif.

Prinsip yang harus dipegang oleh seluruh warga adalah bahwa Adiwiyata bukanlah suatu momen untuk mendapatkan piala agar dicatat oleh pihak-pihak tertentu. Tetapi memiliki prinsip permodelan habituasi terhadap alam sekitar. Melalui program riil, diharapkan mampu merubah mind-set siswa dan membentuk culture-set pada giliran berikutnya. Bisa kita bayangkan jika setiap tahun ada 500 siswa lulus, maka efek karambol akhir nanti diharapkan akan berdampak bagi seluruh warga dunia.
utakatikotak
0
utakatikotak
utakatikotak
utakatikotak